Filosofi Sepak Bola Indonesia Jadi Dasar Permainan, Bima Sakti Bangun Komunikasi Tim

- 25 September 2020, 18:28 WIB
Pelatih Skuad Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti. /PSSI

PIKIRAN RAKYAT - Lanjutan Pemusatan Latihan Timnas U-16 yang berlangsung pada 20- 29 September 2020 banyak diisi dengan latihan permainan. Materi Filosofi Sepak Bola Indonesia (Filanesia) akan diterapkan sebagai dasar permainan tim.

Hal tersebut diungkapkan Pelatih Timnas U-16 Bima Sakti dikutip dari laman resmi PSSI, Jumat 25 September 2020. Berbeda dari sebelumnya, pemusatan latihan Timnas U-16 periode September kali ini digelar di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi.

"Secara durasi, TC kali ini lebih pendek dibandingkan sebelumnya. Hingga akan dimanfaatkan dengan lebih banyak latihan permainan guna mematangkan skema permainan dan komunikasi, serta kekompakan tim. Kita akan terapkan materi Filanesia sebagai dasar permainan tim," katanya.

Baca Juga: Banyak Masyarakat Belum Tahu Tahapan Pilkada, KPU Diminta Ciptakan Metode Khusus Sosialisasi

Suasana latihan di TC kali ini dinilainya sedikit berbeda dibandingkan sesi-sesi TC sebelumnya. Kali ini, menurut Bima, pemain banyak bersuara dalam sesi gim internal.

"Ini memang diminta oleh tim pelatih, agar lebih terbangun komunikasi dan kekompakan tim. Jadi mereka harus terus saling komunikasi di dalam maupun di luar lapangan. Suara juga kami minta saat berbicara dengan rekan satu tim harus jelas," imbuh Bima.

Banyaknya latihan permainan yang diberikan, ujar Bima, tidak lepas dari keinginan dirinya melihat performa pemain yang namanya telah dikantonginya untuk tampil di Piala Asia U-16 tahun depan. Apalagi di TC kali ini ada tujuh pemain baru yang dipanggil seleksi.

Baca Juga: Najwa Shihab Singgung Julukan 'Menteri Segala Urusan', Luhut: Tak Ada yang Tak Bisa Saya Selesaikan

"Saya sudah memiliki kerangka tim, hampir 90 persen. Hanya tinggal melengkapi komposisi di beberapa posisi, karena perlu pemain pelapis yang sama kualitasnya dengan pemain utama," tuturnya.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X