Barcelona Didakwa Suap Wasit LaLiga Selama Kurun Waktu 2001-2017

- 11 Maret 2023, 07:54 WIB
Barcelona dituding melakukan suap terhadap wasit.
Barcelona dituding melakukan suap terhadap wasit. /Flickr/NEEL Sandrine

PIKIRAN RAKYAT - Kejaksaan Spanyol mendakwa Barcelona dengan tudingan kasus suap terhadap wasit.

Los Cules dituding menyuap mantan Wakil Presiden Komite Wasit Spanyol (CTA) periode 1994-2018, Jose Maria Enriquez Negreira.

Barcelona disebut telah membayar Negreira dengan uang senilai 6,7 juta Euro atau sekira Rp120 miliar dalam rentang waktu 2001-2017.

Baca Juga: Mahfud MD: Saya dan Menkeu Sri Mulyani Punya Semangat yang Sama untuk Memberantas Korupsi

Sebagaimana laporan dari Sky Sports, Barcelona kemudian berhenti membayar Negreira setelah pensiun dari jabatan di CTA pada 2018.

Tudingan suap Barcelona ini muncul ke permukaan setelah penyidikan pajak yang dilakukan terhadap perusahaan milik Negreria.

Kejaksaan Spanyol lantas melakukan penyelidikan pada Mei 2022 kepada perusahaan Negreira, Dasnil 95 SL. Perusahaan ini yang menerima pembayaran dari Barcelona dan cuma dijalankan Negreira bersama putranya, Javier Enriquez.

Baca Juga: Ammar Zony Ditangkap Aparat bersama 2 Tersangka Lain, Polisi Sebut Inisial Nama M dan R

Kantor Kejaksaan Spanyol mengajukan komplain terhadap Barcelona sebagai badan hukum. Los Cules dianggap melakukan korupsi karena pembayaran kepada Negreira.

Dikutip The Athletic, penyidik dari Kejaksaan Spanyol sudah menjatuhkan vonis resmi kepada Barcelona terkait kasus suap wasit tersebut.

Halaman:

Editor: Ikbal Tawakal


Tags

Artikel Pilihan


Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

x