Daftar Calon Ketua Umum dan Waketum PSSI, Ada Pejabat hingga Petahana

- 17 Januari 2023, 08:00 WIB
Logo Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).
Logo Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). /PSSI

PIKIRAN RAKYAT - Komite Pemilihan Ketua Umum PSSI 2023-2027, Senin 16 Januari 2023, mengumumkan nama-nama yang mendaftarkan diri maupun didaftarkan sebagai bakal calon Ketua Umum, Wakil Ketua Umum, dan Komite Eksekutif PSSI. Dari daftar tersebut, tercatat ada dua nama menteri yang ikut bersaing.

"Kami, Komite Pemilihan (KP), hari ini (kemarin), pukul 18.00 menyatakan telah menutup tahapan penyampaian dukungan dan kesediaan para calon. Ini masih data mentah yang masuk. Arti­nya, kemungkinan ada nama gan­da dan sebagainya. Misalnya, orang yang sama tetapi typo huruf berbeda. Kami belum membuka berkas satu per satu, saat membuka berkas itu artinya sudah mulai masuk tahap verifikasi," kata Ketua KP Amir Burhanuddin di GBK Arena, Senayan, Jakarta.

Menurut Amir, dari data yang mereka terima, baik dukungan para anggota (didaftarkan) maupun mendaftar atas kesediaan masing-masing bakal calon terdapat lima bakal calon ketua umum.

"Semuanya laki-laki yakni AA La Nyal­la Mahmud Mattalitti, Arif Putra Wicaksono, Doni Setiabudi, Erick Thohir, dan Ferry Djemi Francis," katanya.

Baca Juga: Seorang Pengguna Twitter Dipecat Usai Hina Video Jokowi Tersenyum, Gibran Rakabuming Buka Suara

Seperti diketahui, di dalam daftar ini ada dua pejabat negara, yakni La Nyalla sebagai Ketua Dewan Permusyawaratan Daerah (DPD) RI dan Erick Thohir yang menjabat sebagai Menteri BUMN.

Dia menambahkan, terdapat 17 nama bakal calon wakil ketua umum. Bakal calon terdiri atas dua perempuan dan 15 laki-laki.

"Mereka adalah Ahmad Riyadh, Ahmad Sauqi Suratno, Andre Rosiade, Azrul Ananda, Doni Setiabudi, Sutandi, Ferry Djemi Francis, Hasani Abdulgani, Iwan Budiarto, Juni Rachman, Maya Damayanti, Ratu Tisha Destria, Sadikin Aksa, Yunus Nusi, dan Zainudin Amali," tuturnya.

Dari nama-nama tersebut, ada Andre Rosiade yang merupakan anggota Ko­misi VI DPR RI, Wakil Ketua Umum Pe­tahana Iwan Budiarto, mantan Sekjen PSSI era kepemimpinan Edy Rahmayadi Ratu Tisha, serta Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali yang akan bersaing di Kongres Luar Bia­sa (KLB) PSSI.

Halaman:

Editor: Irwan Suherman


Tags

Artikel Pilihan


Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

x