Aturan Resmi Berubah, Atribut LGBT Boleh Masuk Piala Dunia 2022 Qatar

- 24 November 2022, 23:38 WIB
Ban kapten '1 Love' yang sempat dilarang digunakan di Piala Dunia 2022 Qatar
Ban kapten '1 Love' yang sempat dilarang digunakan di Piala Dunia 2022 Qatar /REUTERS/STAFF

PIKIRAN RAKYAT - Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) dikabarkan telah merubah aturannya soal pelarangan atribut LGBT masuk ke dalam stadion Piala Dunia 2022 Qatar.

FIFA dilaporkan telah mengingatkan pemerintah Qatar agar mereka harus mengizinkan simbol pelangi masuk ke dalam stadion.

Aturan ini dibuat setelah di Piala Dunia 2022 Qatar, para petugas keamanan diminta untuk menghapus atribut LGBT yang ada di tubuh pemain, ataupun penonton.

Pelangi sendiri merupakan warna yang diasosiasikan pada komunitas LGBT yang dianiaya di Qatar.

Baca Juga: PT LIB Putuskan Sisa Pertandingan Putaran Pertama BRI Liga 1 Digelar Sistem Bubble dan Tanpa Penonton

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Mirror pada Kamis, 24 November 2022, sebelumnya pihak Qatar menindak keras pihak yang membawa atribut berbau LGBT.

Pasukan keamanan di Emirat Timur Tengah diketahui memburu, menangkap, dan memukuli orang-orang LGBT+ , dengan hubungan sesama jenis dilarang dan bahkan dapat dihukum mati.

Beberapa suporter masih menunjukkan dukungan mereka terhadap komunitas LGBT+ dengan mengenakan pakaian pelangi saat menghadiri Piala Dunia.

Insiden yang paling mencengangkan terjadi pada hari Senin ketika pendukung Wales menyita topi ember pelangi dan seorang jurnalis ditahan karena mengenakan kaus dengan gambar sepak bola pelangi di atasnya.

Baca Juga: KemenPPPA: Mayoritas Anak-anak Korban Gempa Cianjur Meninggal Dunia Karena Tertimpa Reruntuhan

Halaman:

Editor: Alza Ahdira


Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

x