Deretan Kerusuhan Suporter Sepak Bola Indonesia Paling Mengerikan hingga Merenggut Nyawa

- 2 Oktober 2022, 11:05 WIB
Tragedi Kanjuruhan karena Arema kalah dari Persebaya, cek kronologi
Tragedi Kanjuruhan karena Arema kalah dari Persebaya, cek kronologi /Twitter/wkwklandupdate

PIKIRAN RAKYAT – Sebanyak 129 orang suporter dilaporkan meninggal dunia usai pertandingan BRI Liga 1 2022/2023 Arema FC vs Persebaya, di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu, 1 Oktober 2022.

Kejadian miris ini bermula ketika 3.000 suporter Aremania merangsek turun ke lapangan karena tidak menerima Singo Edan dikalahkan Persebaya dengan skor 2-3, di kandang mereka.

Hal ini membuat polisi yang berjaga di area stadion turut mengeluarkan gas airmata untuk menghalau ribuan suporter yang turun ke lapangan.

Para suporter turun untuk mencari dan menyanyakan kepada official pemain dan manajeman Arema, kenapa tim kesayangannya bisa kalah.

Baca Juga: Tragedi Kanjuruhan, Mabes Polri Turunkan Tim DVI ke Malang

Atas kejadian kericuhan tersebut, 129 orang suporter meninggal dunia – sebagian karena mengalami sesak napas akibat tembakan gas airmata dan terinjak-injak ketika menuju pintu keluar stadion.

Selain terdapat 180 suporter yang saat ini sedang menjalani perawatan di rumah sakit.

Kerusuhan yang terjadi di Kanjuruhan Malang ini menambah deretan daftar tragis kerusuhan paling mengerikan yang pernah terjadi di Indonesia.

Sebelumnya beberapa tragedi kematian pernah menyelimuti dunia sepak bola Indonesia, sikap anarkis yang akhirnya merenggut nyawa.

Halaman:

Editor: Rahmi Nurfajriani


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

x