Tragedi Berdarah di Kanjuruhan, Menpora: Saya Minta PT LIB dan PSSI Lakukan Investigasi!

- 2 Oktober 2022, 07:39 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali.
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali. /Pikiran Rakyat

PIKIRAN RAKYAT - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengaku prihatin atas tragedi berdarah di laga Arema FC vs Persebaya Surabaya di kompetisi BRI Liga 1 2022. Zainudin meminta PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan PSSI melakukan investigasi terkait itu.

"Saya minta PT LIB dan PSSI untuk melakukan investigasi terhadap kenapa ini terjadi," tegas Zainudin, di Kota Bandung, Minggu, 2 Oktober 2022.

Dugaan sementara yang ia terima, tragedi itu terjadi karena salah satu kelompok suporter tidak menerima atas hasil kekalahan tim yang didukung.

"Sementara penyebabnya tidak terima timnya kalah, kan tidak boleh seperti itu, ini olahraga, ini pertandingan hari ini bisa menang, bisa kalah. Sehingga kondisinya kita harus terima, sebab tidak ada satupun yang mau kalah, jadi jangan menyalahkan timnya, atau pemainnya, pasti mereka sudah berusaha," ujar Zainudin.

Baca Juga: Laga Persib Vs Persija Tak Jadi Digelar, Buntut Kerusuhan Aremania di Stadion Kanjuruhan

Kericuhan yang berujung korban jiwa akibat tindakan suporter di stadion sangat disesalkan Zainudin. Apalagi izin suporter untuk menyaksikan pertandingan secara langsung di stadion baru diberikan awal kompetisi musim ini.

"Saya prihatin, harusnya ini engga boleh terjadi karena begitu kita sudah bebaskan boleh ada penonton yang tadinya pertandingan ada penonton kemudian ada permintaan masyarakat, supaya ada penontonnya maka tidak bisa dijaga, tentu saya sangat prihatin atas kejadian ini," kata Zainudin.

Ia mengatakan pihak Kemenpora akan melakukan komunikasi bersama PT LIB dan PSSI untuk menentukan langkah selanjutnya terkait teknis kelanjutan kompetisi liga musim 2022.

"Saya komunikasi dengan PT LIB, apa langkah selanjutnya yang akan mereka lakukan, apakah diteruskan tanpa penonton, hal-hal yang lain yang menjadi pertimbangan PSSI dan PT LIB, karena itu kan menjadi area mereka," tuturnya.

Baca Juga: Buntut Tragedi di Stadion Kanjuruhan, Arema dapat Sanksi hingga BRI Liga 1 Ditunda Seminggu

Halaman:

Editor: Boy Darmawan


Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

x