Daftar Sanksi Komdis PSSI hingga Pekan Kedua Liga 1 2022/2023, Nyalakan Flare hingga Lempar Botol

- 4 Agustus 2022, 08:31 WIB
Bobotoh menyalakan flare saat pertandingan Grup C Piala Presiden 2022 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Gedebage, Kota Bandung, Ming­­gu 12 Juni ­2022. Pertandingan Persib Bandung melawan Bali United FC tersebut berakhir dengan skor imbang 1-1.
Bobotoh menyalakan flare saat pertandingan Grup C Piala Presiden 2022 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Gedebage, Kota Bandung, Ming­­gu 12 Juni ­2022. Pertandingan Persib Bandung melawan Bali United FC tersebut berakhir dengan skor imbang 1-1. /Pikiran Rakyat/Armin Abdul Jabbar

PIKIRAN RAKYAT - Komite Disiplin (Komdis) PSSI menjatuhkan denda Rp200 juta kepada Persib, akibat ulah bobotoh yang menyalakan flare saat melawan Bhayangkara FC di Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi.

Komdis PSSI juga memberikan sanksi kepada Persija, PSS Sleman, Dewa United, Persita Tangerang, dan juga pemain Arema FC Rizky Dwi Febrianto, serta pemain Borneo FC Leo Guntara. Dikutip dari laman resmi PSSI, sanksi tersebut dijatuhkan berdasarkan sidang Komdis yang digelar 29 Juli 2022.

Komdis PSSI menyebutkan Persib telah melakukan pelanggaran dengan terjadinya penyalaan flare dalam jumlah banyak oleh suporter Persib pada pertandingan melawan Bhayangkara FC, Minggu 24 Juli 2022.

Akibatnya, Persib didenda Rp200 juta. Persija dan Persita juga mendapatkan sanksi denda Rp50 juta akibat pe­nya­laan satu flare oleh suporter.

Baca Juga: Bharada E Ditetapkan Sebagai Tersangka, Kadiv Propam Ferdy Sambo Diperiksa Hari Ini

Dewa United dijatuhkan sanksi denda karena saat pertandingan melawan Persis Solo ada lima pemainnya yang mendapatkan kartu kuning. Tim didenda Rp50 juta.

Untuk PSS Sleman, Komdis PSSI memberikan sanksi denda Rp50 juta karena terjadinya insiden pelemparan yang dilakukan suporter PSS Sleman, menggunakan minuman kemasan plastik berisi air dalam jumlah yang cukup banyak dan benda yang menyerupai tongkat kayu yang ditujukan kepada pemain dan ofisial tim PSM Makassar.

Komdis PSSI juga menjatuhkan sanksi larangan bermain dan denda kepada Rizky Dwi Febrianto (Arema FC) dan Leo Guntara (Borneo FC Samarinda).

Rizky mendapatkan sanksi larangan ber­main di satu pertandingan dan denda Rp10 juta akibat menghalangi tim lawan (Borneo FC) mencetak gol dan menda­patkan kartu merah langsung.

Halaman:

Editor: Irwan Suherman


Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network