Keadilan untuk George Floyd 'Menggema' di Liga Jerman, Pemain Bahkan Ada yang Berlutut

- 1 Juni 2020, 06:00 WIB
Gelandang Boussia Dortmund Jadon Sancho memperlihatkan tulisan "keadilan untuk George Floyd" setelah mencetak gol dalam pertandingan Liga Jerman melawan Paderborn yang dimainkan di Paderborn, Minggu (31/5/2020).* /AFP

PIKIRAN RAKYAT - Kematian George Floyd menyebabkan keprihatinan dari berbagai pihak. Aksi menuntut keadilan bagi George Floyd juga ‘menggema’ di pertandingan-pertandingan Liga Jerman.

Tiga pemain di Liga Jerman yakni dua pemain Borussia Dortmund, Jadon Sancho dan Achraf Hakimi, serta seorang  pemain Borussia Moenchengladbach Marcus Thuram menuntut keadilan bagi George Floyd.

Ketiganya kompak menyuarakan keadilan bagi George Floyd pada saat pertandingan-pertandingan Liga Jerman, Minggu 31 Mei 2020.

Baca Juga: Grafik Kasus Covid-19 Meningkat, Purbalingga Belum Terapkan New Normal

Mereka memberikan isyarat dukungan terhadap George Floyd yang dibunuh pada Senin 25 Mei di Minneapolis, Amerika Serikat.

loading...

Dua pemain Borussia Dortmund yaitu Jadon Sancho dan Achraf Hakimi merayakan golnya dengan memperlihatkan tulisan berjudul "Keadilan untuk George Floyd" yang berada di kaus dalamnya saat melawan Paderborn.

Sementara itu, penyerang Borussia Moenchengladbach Thuram menunjukkan gestur berlutut yang belakang semakin populer dan identik sebagai aksi protes terhadap ketidakadilan.

Baca Juga: Tak Beri Sanksi Bagi Pasien COVID-19 di Probolinggo yang Kabur, Juru Bicara: Dia Bukan Kriminal

Gestur berlutut yang dilakukan Thuram dilakukannya saat mengemas gol ke gawang Union Berlin. Sikap Thuram didukung oleh pelatih Gladbach Marco Rose.

"Marcus telah menjelaskan poinnya. Ia memberikan contoh perlawanan terhadap rasisme yang kami semua memberi dukungan terhadapnya," kata Rose seperti dikutip Pikiran-Rakyat.com dari AFP via Antara.

Pada Sabtu, sikap protes serupa ditunjukkan gelandang Schalke 04 asal Amerika Serikat Weston McKennie saat timnya bermain melawan Werder Bremen. Pada laga tersebut, McKennie mengenakan ban lengan bertuliskan "Keadilan untuk George."

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X