Kebijakan Satu Tim Karantina Jika Pemain Terjangkit Covid-19 Disoal Klub-klub Liga Italia

- 15 Mei 2020, 16:47 WIB
ITALIA catat kematian akibat Covid-19 terendah sejak 19 Maret 2020.* /REUTERS

PIKIRAN RAKYAT – Upaya untuk melanjutkan Serie A (Liga Italia) mengalami masalah, ketika Asosiasi Pesepak Bola (AIC) mengkritik kebijakan karantina pemerintah bagi pemain dan liga mengatakan berusaha menemukan cara praktis dalam mengimplementasikan aturan itu.

Klub-klub Serie A mengambil suara pada Rabu untuk menetapkan 13 Juni sebagai tanggal melanjutkan liga, yang sudah ditangguhkan sejak 9 Maret karena pandemi virus corona, meskipun keputusan terakhir ada di tangan pemerintah.

Poin utamanya adalah desakan Kementerian Kesehatan bahwa, jika seorang pemain dites positif, seluruh skuat klubnya harus mengikuti karantina 14 hari. Itu berarti pertandingan ditunda dan bisa merusak jadwal pertandingan jika pemain pada sejumlah tim dinyatakan positif.

Baca Juga: Relokasi PKL Lawang Saketeng-Pedati Tetap Dilakukan, Meski Pembangunan Pendestrian Ditunda

Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) mengatakan bahwa mengisolasi pemain yang terpengaruh akan cukup membuat sisa skuat tetap negatif. Tim-tim, termasuk pelatih dan staf pendukung, harus juga ikut pergi ke kamp latihan yang diisolasi selama dua pekan sebelum permainan dilanjutkan namun ada kebingungan bagaimana hal itu bisa bekerja.

Kepala Eksekutif Inter Milan Giuseppe Marotta mengatakan kepada La Repubblica bahwa protokol pemerintah tidak praktik. "Dengan aturan-aturan ini kami tidak akan bisa masuk ke retret pelatihan," kata dia. "Itulah mengapa kami meminta itu diubah atau kami tidak akan punya alternatif," katanya Jumat 15 Mei 2020.

AIC mengatakan kebijakan pemerintah tampaknya tidak cocok menjamin penyelesaian kejuaraan. "Ada risiko nyata harus berhenti lagi segera setelah kami kembali ke lapangan, sehingga membuat frustrasi semua upaya yang dilakukan," kata dia.

Baca Juga: Di Tengah Wabah Virus Corona, Badai Ambo Mengamuk di Filipina Hingga Picu Tanah Longsor

Petinggi Serie A mengatakan dalam satu pernyataan bahwa mereka menggelar pertemuan antara klub dengan dokter pada Kamis "dengan tujuan menemukan solusi yang sesuai dan praktis dalam penerapan instruksi yang diterima (dari pemerintah), dengan referensi khusus untuk karantina kelompok".

Serie A berharap melakukan pembicaraan dengan pemerintah "untuk sampai kepada protokol yang bisa kita bagikan".

Sebelumnya, kepala Komite Olimpiade Nasional Italia (CONI) Giovanni Malago mengatakan kepada penyiaran pemerintah Rai bahwa dia yakin Serie A yang "99 persen" bisa dimulai 13 Juni.

Serie A masih punya 12 putaran pertandingan yang belum dimainkan ditambah beberapa pertandingan luar biasa yang ditunda sejak putaran awal. Juventus memimpin klasemen dengan selisih satu poin dari Lazio sementara Lecce, SPAL dan Brescia menghuni posisi degradasi.***

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X