Sabtu, 28 Maret 2020

Barcelona di Ambang Krisis, Gaji Lionel Messi dan Pemain Lain Dipotong

- 25 Maret 2020, 18:05 WIB
Pemain Barcelona.* /FOX SPORT

PIKIRAN RAKYAT - Barcelona seakan berada di ambang kebangkrutan. Raksasa Catalan itu berencana potong gaji para pemainnya hingga 70 persen.

Raksasa Catalan tersebut pikirkan sejumlah langkah yang harus mereka lakukan, untuk menyelamatkan klub tersebut dari keterpurukan akibat wabah virus corona. Barca pun putuskan beberapa syarat yang akan mereka tawarkan kepada atlet-atlet profesional mereka dari cabang sepak bola maupun cabang lainnya, di saat klub berusaha menangani dampak keuangan dari pandemi yang terjadi saat ini.

Setelah La Liga mendukung hak klub untuk menggunakan ERTE yaitu undang-undang yang memungkinkan redundansi sementara atau pengurangan upah, Barca telah memutuskan untuk memangkas 70 persen dari gaji para pemainnya.

Baca Juga: BREAKING NEWS, Ibunda Presiden Jokowi Sujiatmi Notomiharjo Meninggal Dunia

ERTE akan berlaku selama pemerintah Spanyol menerapkan situasi darurat akibat Covid-19, yang untuk sementara ini telah ditetapkan akan berlangsung hingga 11 April mendatang, bahkan kemungkinan akan diperpanjang lebih lama.

Pemotongan gaji para pemain Barcelona ini akan diberlakukan terhadap para pemain di tim sepak bola, bola basket, bola tangan, hoki dan futbol sala.

Diungkapkan Sport, Barca telah dipaksa untuk mengambil langkah drastis, mengingat kurangnya pendapatan yang disebabkan mendegnya kompetisi sepak bola. Apalagi, kini La Liga memutuskan untuk menangguhkan kompetisi mereka tanpa batas waktu, bahkan final Liga Champions juga telah ditunda.

Baca Juga: LIPI Bagikan Daftar Produk Rumah Tangga yang Bisa Disulap Jadi Disinfektan Virus Corona COVID-19

Sebelumnya diberitakan, para pemain Barca setuju memangkas gaji mereka demi membantu klub lewati masa krisis akibat penundaan kompetisi di pengujung musim ini.

Skuat utama Barca dan hirarki klub menilai pemotongan gaji para pemain dan kemungkinan lakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) sementara bisa membantu klub untuk lewati masa-masa krisis seperti sekarang ini.

Presiden Blaugrana, Josep Maria Bartomeu, bahkan sudah ungkapkan rencana klub kepada kapten tim, Lionel Messi, dan juga Sergio Busquets, Sergi Roberto serta Gerard Pique, bahwa mereka kemungkinan besar akan memotong gaji mereka.

Hingga akhirnya, pemain Barcelona dan klub berhasil mencapai kesepakatan terkait rencana tersebut, meskipun ini menjadi salah satu opsi yang akan diambil klub karena masih ada beberapa cara lain yang bisa ditempuh. Namun, baik klub maupun pemain melihat kemungkinan pemotongan gaji sebagai hal penting di masa krisis global saat ini.***


Editor: Abdul Muhaemin

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X