Baru Pekan Pertama, Liga 1 2020 Sudah Catatkan Rekor

- 8 Maret 2020, 18:01 WIB
Bobotoh Persib Bandung memberikan dukungan kepada Persib Bandung dalam laga uji coba kontra Melaka United di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Sabtu 1 Februari 2020.* /ARMIN ABDUL JABBAR/PR

PIKIRAN RAKYAT - Baru melakoni pekan pertamanya, kompetisi Shopee Liga 1 2020 sudah mulai mencatatkan rekor. Di pekan pertamanya rekor yang terpecahkan adalah dari jumlah penonton terbanyak per pekan tiap tahunnya.

Dibandingkan empat tahun terakhir, pekan pertama Liga 1 musim ini mencatatkan penonton terbanyak dengan 179.675 penonton yang hadir langsung ke stadion menyaksikan pertandingan. Beberapa laga yang menyedot perhatian penonton masih didominasi oleh tim-tim besar.

Mereka adalah laga pembuka Liga 1 antara Persebaya Surabaya melawan Persik Kediri, lalu laga Persib Bandung kontra Persela Lamongan, Persija Jakarta menghadapi Borneo FC, dan Persiraja Banda Aceh menjamu Bhayangkara FC. Bahkan untuk laga Persebaya melawan Persik, dihadiri sampai 50.000 penonton.

Baca Juga: Kendaraan ODOL Kuras Anggaran Daerah, Djoko : Keberadaan Angkutan Ini Bisa Menghambat Arus Lalu-Lintas

"Yang cukup mencengangkan, kehadiran suporter Persiraja. Walaupun berstatus tim promosi, antusiasme penonton laga kandang Persiraja Banda Aceh cukup tinggi. Mencapai 25 ribu-an saat bertanding di  Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh kemarin. Bahkan saat tim ini berlaga di Liga 2 musim lalu, pertandingan kandang mereka di Stadion Dimurthala selalu dipadati suporter," kata Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Cucu Somantri dalam rilis yang diterima "PR", Minggu 8 Maret 2020.

Sebagai pembanding, pada tahun lalu, penonton terbanyak justru terjadi di pekan ke-8. Dengan jumlah total 143.219 orang yang menyaksikan langsung di stadion. Kemudian pada musim 2018, penonton terbanyak terjadi pada pekan 5 dengan 151.091 orang. Sementara musim 2017, justru ada di pekan terakhir, pekan 34  dengan jumlah 129.050 penonton.

"Hal ini membuktikan bahwa sepak bola Indonesia masih menjadi kompetisi yang paling banyak ditonton oleh masyarakat Tanah Air. Apalagi klub-klub Indonesia juga memiliki suporter fanatik. Semoga rekor penonton terbanyak ini masih terjaga ke depannya hingga akhir kompetisi," tambah Cucu.***

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X