Banyak Faktor Pendukung Mulai Dibenahi, Liga 1 2020 Diprediksi Semakin Ketat

- 24 Februari 2020, 19:38 WIB
PT Liga Indonesia Baru (LIB) bersama Shopee selaku sponsor utama kompetisi Liga 1 2020 meluncurkan kompetisi kasta tertinggi di Indonesia. Kompetisi profesional ini akan dimulai pada 29 Februari mendatang dan berakhir pada akhir Oktober 2020. Diikuti 18 tim, termasuk tiga tim promosi Persik Kediri, Persita Tangerang, dan Persiraja Banda Aceh.* /PSSI

PIKIRAN RAKYAT - PT Liga Indonesia Baru (LIB) optimis gelaran kompetisi Shopee Liga 1 2020 akan berlangsung lebih baik. Dengan harapan, musim ini bisa lebih kompetitif seperti pada 2018 lalu.

"Kami akan berusaha lebih baik di musim ini. Ada banyak faktor yang membuat kami optimis semuanya akan lebih baik. Karena dibandingkan musim lalu, dari masa berlangsungnya kompetisi jauh lebih banyak. Ada 246 hari dari pembukaan hingga laga puncak. Lebih lama dari 2019 lalu yang hanya memainkan 201 hari pertandingan. Jadi sebaran rata-rata "recovery time" nya juga lebih besar diangka 4,78 dibanding tahun lalu yang hanya 4,68," kata Direktur Utama PT LIB Cucu Sumirat dalam peluncuran kompetisi Shopee Liga 1 2020 di Hotel Fairmont, Jakarta, Senin 24 Februari 2020.

Dengan dua indikator tersebut, ujungnya persaingan antar klub akan sangat lebih kompetitif dan jauh lebih bagus. Hingga tidak tertutup kemungkinan fakta dan fenomena pada musim kompetisi 2018 lalu bisa terulang lagi.

Baca Juga: Cukup Bayar Rp 10.000, Kini Berkeliling Ciamis Lebih Asyik dengan Bus Gatrik

"Pada musim 2018 lalu, yang berstatus juara peringkat kedua dan penentuan tiga tim yang terdegradasi baru bisa diketahui usai pertandingan pekan ke-34 alias pekan terakhir," tambahnya.

loading...

Hal lain yang membuat LIB optimis musim ini lebih baik adalah adanya perlengkapan pertandingan yang lebih profesional. Bukan hanya dari sisi peningkatan sumber daya manusia (SDM) untuk wasit saja.

"Kami akan menyediakan perlengkapan pertandingan diantaranya alat komunikasi dan spray untuk wasit. Kami berharap kedua atlet tersebut membuat kepemimpinan wasit lebih tegas, tepat putusan dan dengan sendirinya kualitas pertandingan akan terangkat," tuturnya.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo Nafkahi Georgina Rodriguez Rp 1,4 Miliar Setiap Bulan

Pihaknya juga berusaha untuk bisa menyebarkan pertandingan Liga 1 lebih luas lagi dinikmati oleh masyarakat Indonesia. Akan ada 238 pertandingan yang disiarkan secara langsung dan eksklusif di Indosiar. Dari jumlah tersebut sekitar 65 persen pertandingan yang disiarkan secara langsung akan digelar pada akhir pekan.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

Jurnal Gaya

Keutamaan Puasa Senin Kamis

21 September 2020, 02:10 WIB
X