Wabah Virus Corona Menyebar Cepat di Eropa, Tiga Pertandingan Liga Italia Terpaksa Ditunda

- 24 Februari 2020, 15:08 WIB
TIGA pertandingan serie A di Italia terpaksa harus dibatalkan karena mewabahnya virus corona.* /Instagram/@seriea

PIKIRAN RAKYAT - Tiga pertandingan Liga Italia di pekan ke-25 terpaksa ditunda akibat respon pemerintah Italia untuk mencegah wabah bahaya virus Corona yang mulai memasuki wilayah Eropa. Perdana Menteri Italia, Giuseppe Conte mengatakan Italia tengah dalam situasi darurat menyusul penyebaran virus Corona yang begitu cepat.

Langkah-langkah kuat sedang diambil pemerintah Italia setelah muncul lebih dari 132 kasus yang dikonfirmasi telah merenggut dua nyawa di negara itu. Akibatnya, semua acara olahraga yang digelar di dua wilayah utara pada Minggu 23 Februari 2020 ditunda. Penundaan termasuk beberapa pertandingan di Serie A.

Tiga laga itu yakni Inter Milan menghadapi Sampdoria yang berlangsung di Stadion San Siro, Milan, Senin 24 Februari 2020 dini hari WIB. Sedangkan dua laga lainnya digelar Minggu 23 Februari 2020 malam WIB antara Atalanta melawan Sassuolo, dan Hellas Verona menghadapi Cagliari.

Baca Juga: Bela Orang Tua, Atta Halilintar Ikut Hadiri Sidang Gugatan Nagaswara

Sebelumnya, sejumlah pertandingan di Serie B dan Serie C juga ditunda. Pertandingan Serie D hingga tingkat amatir di region Veneto dan Lombardy juga bernasib sama.

Hal senada dikatakan Menteri Olahraga Italia Vincenzo Spadafora dalam konferensi pers, Minggu 23 Februari 2020 malam WIB. Dia menyatakan bahwa pemerintah setempat melarang semua bentuk kegiatan di tiga wilayah tersebut kecuali ada izin khusus

"Kami sudah berkomunikasi dengan Perdana Menteri dan beberapa federasi. Kami menangguhkan beberapa kegiatan olahraga di provinsi yang sudah terdampak virus corona," kata Spadafora dikutip dari Tuttomercatoweb.

Baca Juga: Resep Sate Ayam Lilit dan Urap Khas Bali, Sajian Nusantara yang Menggugah Selera Keluarga

"Belum ada keputusan lebih lanjut, kami akan mengevaluasi semuanya untuk keamanan maksimal bagi para penduduk sipil, sepanjang 24 jam," tambah Spadafora.

Langkah cepat pemerintah Italia itu, ternyata mendapat respon positif dari pelatih Lazio, Simone Inzaghi. Simone menganggap masalah ini adalah persoalan serius.

"Saya pikir itu benar untuk mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan," kata Simone Inzaghi.

Baca Juga: Terima Suap untuk Muluskan Proyek, Bupati Indramayu Supendi Segera Jalani Sidang

"Lakukan banyak pencegahan, cobalah untuk mengalahkan dan memahami masalah dengan menghentikan kejuaraan, karena kita tidak boleh meremehkan apa yang terjadi," ujar pelatih yang sukses membawa timnya ke papan atas klasemen sementara Serie A.

Selain itu, laga Liga Champions antara Napoli melawan Barcelona juga kena imbas Corona. Skuat Barcelona akan tetap berangkat ke Italia guna menghadapi Napoli. Namun, ada beberapa tindakan preventif terkait virus corona.

Messi dkk akan menjalani tes kesehatan setibanya di Italia. Para pemain Barcelona akan dites, dan akan menjalani pemeriksaan yang lebih lanjut jika ada yang mengalami demam.

Sejatinya, Barcelona akan bertandang ke San Paolo, Rabu 26 Februari 2020 dini hari WIB, untuk menghadapi Napoli di leg pertama babak 16 besar Liga Champions. Jika wabah Virus Corona makin parah, bukan tak mungkin pertandingan-pertandingan di liga-liga Eropa makin banyak yang ditunda.***

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X