Beri Restu Penyelenggaraan Liga 1 2020, BOPI Mewanti-wanti Sejumlah Hal

- 21 Februari 2020, 21:33 WIB
BOPI memberikan izin penyelenggaraan Liga 1.* /KEMENPORA

PIKIRAN RAKYAT - Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) akhirnya mengeluarkan rekomendasi penyelenggaraan kompetisi Liga 1. Surat rekomendasi diberikan Ketua BOPI Richard Sambera kepada Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Cucu Sumantri di Kemenpora, Senayan, Jakarta, Jumat 21 Februari 2020.

Pihaknya mengeluarkan rekomendasi setelah melakukan verifikasi beberapa hal terkait dengan peserta Liga 1. Antara lain, soal badan hukum klub, perpajakan, kontrak pemain, KITAS untuk pemain dan pelatih asing, serta izin pemakaian stadion. Richard juga mengingatkan tiga hal penting.

"Pertama, kami berpesan dan wanti-wanti agar kejadian di pembukaan Liga 1 musim lalu (keributan antar suporter PSS Sleman dan Arema FC). Walaupun secara keseluruhan tidak ada korban jiwa selama musim lalu dan itu kami apresiasi. Di musim ini LIB harus mempertahankannya dan meningkatkan agar tidak ada lagi kerusuhan suporter," katanya.

Baca Juga: Kehilangan Satu Tangannya, Yedi Tetap Lihai Memainkan Gitar dan Jadi Asisten Pelatih Olahraga Angkat Beban

Kedua, BOPI berpesan kepada klub agar bisa meningkatkan profesionalitas dan memperhatikan aspek manajemen. Terutama dalam hal pemenuhan hak dan kewajiban klub atas pemainnya. Harapannya hingga akhir kompetisi, November mendatang tidak ada tunggakan gaji.

"Kami apresiasi klub-klub yang hingga akhir musim lalu yang membuat operasional klub aman dan tidak ada lagi laporan tunggakan gaji. Lalu, kami pun mengharapkan pemain bisa membuktikan ke masyarakat bahwa menjadi pesepakbola profesional adalah pekerjaan mulia dan membanggakan. Lewat sikap profesional, menjunjung tinggi sportivitas, fairplay, pemain harus jadi contoh bagi seluruh masyarakat Indonesia, khususnya inspirasi bagi anak-anak," tambahnya.

Dalam penyerahan surat tersebut juga dilakukan penandatanganan pakta integritas yang melibatkan pihak operator, klub, dan asosiasi pemain sepakbola profesional Indonesia. Perwakilan komunitas suporter Liga 1 pun turut hadir menyaksikan.

Baca Juga: Antisipasi Virus Corona , Warga Singapura Gunakan Alat Kontrasepsi untuk Menekan Tombol Lift 

Khusus suporter, Richard menekankan bahwa mereka harus menjadi aset dan nilai tambah bagi klub dan Liga. Hingga cita-cita untuk menjadikan Liga 1 musim 2020 menjadi terbaik sepanjang sejarah bisa tercapai.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X