Senin, 6 April 2020

AS Roma Pasang Target Realistis, Gelar Juara Liga Italia Sudah Direlakan

- 30 Desember 2019, 06:55 WIB
Para pemain AS Roma merayakan gol.* /AP Photo

PIKIRAN RAKYAT - Pelatih AS Roma, Paulo Fonseca, optimistis menyambut tahun 2020. Meski demikian, ia tak mau bicara muluk-muluk soal peluang juara timnya di Liga Italia.

Roma meramaikan persaingan di empat besar klasemen Liga Italia. Giallorossi saat ini menempati peringkat keempat dengan 35 poin dari 17 pertandingan.

Mereka tertinggal tujuh poin dari Inter Milan yang memuncaki klasemen. Dengan musim yang baru setengah jalan, persaingan perebutan scudetto masih sangat terbuka.

Baca Juga: Cuaca Ekstrem akan Menerjang Negara Bagian Victoria Australia, Penduduk dan Turis Diminta Mengungsi

Namun, Fonseca menahan diri untuk tak melambungkan ekspektasi dengan bicara soal mengejar scudetto.

"Saya kira tidak tepat menciptakan ekspektasi besar, karena kami harus hidup dalam realita. Ini adalah awal perjalanan. Ada pelatih baru, direktur olahraga baru, banyak pemain yang datang dan pergi," ujar Fonseca kepada La Gazzetta dello Sport, Minggu  29 Desember 2019.

"Tak sepadan membuat rencana jangka panjang ketika pertandingan berikutnya adalah yang selalu paling sulit, khususnya di Italia, di mana tim yang ada di dasar klasemen bisa mengalahkan pemuncak. Meski demikian, saya sangat sadar Roma sedang tumbuh," ujarnya.

Baca Juga: Aksi Menyentuh Cristiano Ronaldo Bermain Sepak Bola dengan Anak yang Terlahir Tanpa Kaki

Meski optimistis menyambut tahun baru, Fonseca tetap realistis. Pelatih asal Portugal itu tetap memasang target finis empat besar atau kembali ke Liga Champions untuk Roma.

"Pada dasarnya saya adalah seorang yang optimis, jadi saya kira 2020 bisa jauh lebih baik bagi kami daripada 2019. Meski demikian, target kami tidak berubah, kami masih menargetkan finis empat besar jadi kami bisa lolos ke Liga Champions," katanya.

Sementara itu, pemain AS Roma Chris Smalling sepertinya sudah melupakan Manchester United menyusul keputusannya baru-baru ini. Smalling disebut ingin status pinjamannya di AS Roma segera disahkan menjadi permanen.

Baca Juga: Tempat Hiburan di Bandung Disisir Menjelang Tahun Baru, Miras dan Narkoba Jadi Sasaran

Smalling memutuskan hengkang ke AS Roma pada musim panas lalu. Bek berusia 30 tahun itu bergabung dengan klub ibukota itu setelah kalah bersaing dengan bek-bek Manchester United lainnya.

Di Italia, Smalling seolah membuka lembaran kehidupan baru. Ia memperlihatkan permainan apik di lini pertahanan Il Lupi, sehingga pihak AS Roma ingin membuatnya jadi permanen.

Il Tempo melansir minat AS Roma itu ditanggapi positif oleh Smalling. Bak gayung bersambut, sang bek diberitakan juga tertarik untuk bertahan.

Laporan tersebut membeberkan pihak Manchester United diwakili sang pelatih, Ole Gunnar Solskjaer, sebenarnya tidak menutup pintu bagi Smalling untuk kembali.

Baca Juga: Boxing Day Liga Inggris, Dulu Pekerja Diberi Hadiah Kini Dianggap Kejahatan

Solskjaer diberitakan terkesan dengan performa Smalling di Italia. Alhasil, ia siap memberikan kesempatan untuk Smalling saat pulang. Namun, Solskjaer tak bersedia memberikan jaminan tempat di skuat inti sehingga Smalling enggan kembali ke Old Trafford.

Menurut laporan yang sama, Smalling sudah meminta agennya untuk datang ke Italia. Ia meminta sang agen untuk berdiskusi dengan manajemen AS Roma. Ia berharap bisa menjadi pemain Il Lupi seutuhnya.

Smalling juga berharap kesepakatan ini bisa didapatkan sebelum bursa transfer musim dingin mendatang ditutup.

Di sisi lain, Manchester United disebut tidak keberatan untuk berpisah dengan Smalling. Setan Merah membanderol eks bek Millwall itu dengan nilai transfer sebesar 20 juta paun pada Januari nanti.***


Editor: Abdul Muhaemin

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X