Efek Duit Pangeran Arab Saudi, Pakar Ungkap Kapan Newcastle United Bisa Juara Liga Inggris

- 14 Oktober 2021, 11:06 WIB
Para suporter Newcastle United merayakan berakhirnya kepemilikan Mike Ashley dan menyambut kepemilikan baru dari Dana Investasi Publik Arab Saudi.
Para suporter Newcastle United merayakan berakhirnya kepemilikan Mike Ashley dan menyambut kepemilikan baru dari Dana Investasi Publik Arab Saudi. /REUTERS

PIKIRAN RAKYAT - Dr. Tom Bason, pakar keuangan, memprediksi perubahan yang akan terjadi pada Newcastle United setelah diakuisisi Public Invesment Fund (PIF) pimpinan Pangeran Arab Saudi, Mohammed bin Salman.

Newcastle United menjadi klub terkaya di Liga Inggris setelah diakuisisi PIF pada 7 Oktober 2021.

Harta kekayaan PIF sebagai sebuah konsorsium mencapai 320 miliar poundsterling.

Menurut laporan Marca, PIF akan menggunakan sebagian besar dana akuisisi yang mencapai 300 juta poundsterling untuk menjadikan Newcastle klub dengan finansial terkuat di Liga Inggris.

Baca Juga: Gaji TKA China di Indonesia Dibongkar Faisal Basri: Omong Kosong yang Dikatakan Pak Luhut

Dana itu 11 kali lebih besar dibandingkan dana yang dimiliki Man City melalui kepemilikan Syekh Mansour.

Meski sudah disuntik dana melimpah, Dr. Tom Bason mengatakan, misi Newcastle United untuk menjuarai Liga Inggris tetap memerlukan proses.

Hal ini mengingat klub-klub pesaing Newcastle United yang juga punya kekuatan finansial kuat untuk bersaing di Liga Inggris.

"Man City dan Chelsea juga punya uang melimpah namun mereka sudah memiliki skema keuangan klub yang mapan. Itu perlu dibentuk dan membutuhkan waktu cukup lama," sebut Dr. Tom Bason dikutip Pikiran-rakyat.com dari Sport Bible pada 13 Oktober 2021.

Baca Juga: Pesan untuk Raffi Ahmad dan Atta Halilintar dari Mantan Ketum PSSI Agar Becus Urus Klub

Halaman:

Editor: Rio Rizky Pangestu

Sumber: Sport Bible


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X