Jelang Bergulirnya Lagi Liga Inggris, Ditemukan Positif Covid-19 dari 3 Klub

28 Mei 2020, 13:50 WIB
ILUSTRASI rapid test virus corona //pexels/Polina Tankilevitch

PIKIRAN RAKYAT – Premier League selaku penyelenggara Liga Inggris berencana kembali menggulirkan kompetisi setelah ditangguhkan sejak Maret lalu akibat pandemi virus corona.

Namun, rencana itu mendapatkan ujian lantaran kembali ditemukan deretan kasus positif virus corona di kalangan pemain klub peserta kompetisi.

"Premier League mengonfirmasi bahwa hari Senin (25/5/2020) dan Selasa (26/5/2020), 1.008 pemain dan staf telah melakukan tes Covid-19. Dari tes tersebut, empat orang dari tiga klub dinyatakan positif," demikian pernyataan Premier League.  

Baca Juga: Penjualan Rokok Turun, Pemerintah Diminta Tingkatkan Kesejahteraan Petani Tembakau

Sebagai informasi, penyelenggara Liga Inggris telah menggelar tes corona tahap pertama dan kedua. Tes tahap pertama dilaksanakan pada 17-18 Mei dan diikuti oleh 748 orang. Hasil tes tersebut menunjukkan bahwa enam orang dari tiga klub dinyatakan positif Covid-19. Kemudian, pada 19-22 Mei, dilakukan tes tahap kedua untuk 996 orang pemain dan staf klub. Hasilnya, ada dua orang yang dinyatakan positif dari dua klub berbeda. Artinya, secara keseluruhan sudah ada 12 kasus positif dari 2.752 orang yang menjalani tes Covid-19.

Premier League merahasiakan para pemain yang dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan tiga tahap hasil tes tersebut.

Namun beberapa klub mengonfirmasi sejumlah nama di antaranya  Adrian Mariappa (Watford), Ian Woan (asisten pelatih Burnley), dan Aaron Ramsdale (Bournemouth)   termasuk dari 12 orang yang positif itu. Yang pasti, mereka yang tidak lolos tes akan melakukan karantina mandiri selama tujuh hari.    

Baca Juga: Masjid di Zona Hijau Kota Bekasi Boleh Kembali Gelar Salat Berjemaah

Premier League sebagai penyelenggara kompetisi berencana menggelar tes tahap keempat sebelum Liga Premier Inggris kembali dilanjutkan. Pada tes tahap keempat nanti, jumlah tes yang tersedia ditingkatkan dari 50 menjadi 60 orang  untuk masing-masing klub

Sejumlah klub kontestan Liga Premier sendiri telah memulai latihan tanpa kontak fisik pada pekan lalu untuk kali pertama sejak kompetisi ditangguhkan pada 13 Maret lalu akibat pandemi Covid-19. Klub-klub akan membahas masalah lebih lanjut soal protokol kelanjutan liga pada Kamis, 28 Mei 2020, termasuk perihal penggunaan stadion di tempat netral.

Halaman:

Tags

Terkini

Terpopuler