Kumpulan Ucapan Selamat Hari Raya Nyepi 2023, Rahajeng Nyanggara Rahina Nyepi Caka 1945

- 21 Maret 2023, 14:04 WIB
Ilustrasi Hari Raya Nyepi 2023.
Ilustrasi Hari Raya Nyepi 2023. /Freepik

PIKIRAN RAKYAT – Pada Rabu, 22 Maret 2023 umat Hindu di Indonesia akan merayakan Hari Raya Nyepi 2023. Pada perayaan tahun ini, Hari Raya Nyepi bertepatan dengan Tahun Baru Saka 1945.

Hari Raya Nyepi akan dilaksanakan pada Rabu pagi hingga Kamis, 23 Maret 2023 pagi. Oleh karena itu, umat Hindu sudah bersiap untuk melaksanakan ibadah mereka, yakni Catur Brata Penyepian.

Selama perayaan Hari Raya Nyepi, umat Hindu dilarang melakukan berbagai kegiatan. Bahkan di Bali dengan umat Hindu terbesar di Indonesia akan terasa sepi bak tak berpenghuni, lantaran umat Hindu melaksanakan Catur Brata Penyepian.

Catur Brata Penyepian merupakan pedoman yang selalu dianut oleh umat Hindu dengan empat poin penting. Poin tersebut antara lain tidak boleh berkegiatan atau bekerja (amati karya), tidak boleh menyalakan lampu dan api (amati geni), tidak berpergian (amati lelungan), dan tidak mengadakan hura-hura (amati lelanguan).

Baca Juga: 32 Link Twibbon Hari Raya Nyepi 2023 Tahun Baru Saka 1945, Desain Terbaru dan Mudah Diedit Tanpa Aplikasi

Oleh karena itu umat Hindu sudah dibuat sibuk sebelum Nyepi tiba, salah satunya dengan melaksanakan upacara Melasti. Upacara tersebut disimbolkan sebagai ritual menyucikan diri sebelum melaksanakan Catur Brata Penyepian.

Sebelum melaksanakan ibadah, Anda bisa saling berbagi foto Twibbon di media sosial (medsos). Anda juga bisa saling memberi ucapan kepada keluarga, rekan kerja atau sahabat Anda.

Berikut ini adalah kumpulan ucapan selamat Hari Raya Nyepi 2023 Tahun Baru Saka 1945, yang bisa dikutip. Ucapan selamat akan lebih khas bila Anda menggunakan Bahasa Bali, yang lebih dekat dengan masyarakat.

Baca Juga: 17 Link Twibbon Hari Raya Nyepi 2023, Cocok untuk Dibagikan ke Media Sosial

Halaman:

Editor: Nopsi Marga


Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

x