Senin, 30 Maret 2020

Fenomena Gerhana Bulan Penumbra Kembali Muncul pada Januari 2020 setelah 19 Tahun yang Lalu

- 9 Januari 2020, 08:27 WIB
BULAN.* /PIXABAY

PIKIRAN RAKYAT - Sobat Belia tahukah gerhana bulan terjadi ketika bumi berada di antara matahari dan bulan.

Mengarah pada pemblokiran sinar matahari yang jatuh di permukaan bulan. Gerhana bulan pertama, Chandra Grahan tahun 2020 akan berlangsung pada tanggal 11 Januari 2020.

Gerhana ini akan menjadi gerhana panjang yang memiliki durasi lebih dari empat jam.

Baca Juga: Ramalan Zodiak 9 Januari 2020 : Pisces buat Batas Bila Perlu, dan Libra, Mulai Beranikan Diri untuk Mengekspresikan Rasa Cintamu

Menarik bukan?

Mari simak, oleh tim Pikiran-Rakyat.com melalui laman Boldsky.com berikut ini mengenai timing Lumar Eclipse.

Menurut para ahli dan penggemar astronomi, gerhana bulan pada tahun ini yang merupakan gerhana bulan penumbra akan dimulai pada pukul 12.15 WIB selama 3 menit 40 detik. Pada Sabtu, 11 Januari 2020 mendatang.  

Selama periode waktu ini, bumi akan menutupi sembilan puluh persen dari bulan loh Sobat Belia. Pada saat puncak gerhana, matahari akan nampak seperti cincin.

 

loading...



Gerhana Bulan Penumbra ini merupakan bagian ke 16 dari urutan ke 71 anggotanya pada seri Saros 144 menurut data yang didapatkan melalui laman Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).  

Gerhana bulan akan terlihat di negara-negara di seluruh Asia, Afrika, dan Eropa. Selain itu, gerhana pun akan nampak terlihat di Australia.

Tidak seperti gerhana matahari, orang dapat menyaksikannya hanya dengan mata telanjang. Orang yang tinggal di Amerika Serikat tidak akan dapat melihat gerhana, karena itu akan menjadi siang hari bagi mereka selama gerhana.

Baca Juga: Sule dan Rizky Febian Gelar Acara Tahlilan Bersama 50 Anak Yatim

Nah, bagi Sobat Belia yang ingin menyaksikan gerhana surgawi ini, akan ada tiga gerhana bulan penumbra setelahnya, yaitu pada tanggal 6 Juni, 5 Juli, dan 20 November tahun 2020.

Berikut informasi detail tanggal gerhana bulan yang akan datang.  

5 Juni 2020 : Gerhana bulan ini akan sangat terlihat di Amerika Selatan, Afrika, Eropa, Australia, dan Asia.

Baca Juga: Waspada, Hujan Lebat Disertai Kilat dan Petir Diprediksi Guyur Beberapa Wilayah di Jawa Barat

5 Juli 2020 : Hanya setelah satu bulan, akan ada gerhana bulan lain yang terlihat di bagian barat Eropa, Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Afrika.

30 November 2020 : Gerhana bulan terakhir yang dapat disaksikan akan terlihat di bagian timur Asia, Eropa Utara, Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Australia. ***

Halaman:

Editor: Ari Nursanti

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X