Kamis, 2 April 2020

5 Tips untuk Kurangi Dampak Negatif Fashion bagi Lingkungan, Salah Satunya Sewa Pakaian

- 2 Januari 2020, 08:43 WIB
ILUSTRASI fashion yang berdampak bagi lingkungan.* /Pixabay

PIKIRAN RAKYAT - Industri fashion di tanah air semakin berkembang. Bahkan umumnya fashion dan kuliner memberikan sumbangan cukup besar untuk produk domestik bruto dari sektor ekonomi kreatif.

Peluang yang lumayan besar bila membuka bisnis dalam dunia fashion menjadikan banyak orang berbondong-bondong menciptakan hal-hal berbau fashion yang digemari masyarakat.

Namun disadari atau tidak, hal tersebut memiliki dampak pula bagi lingkungan. Sebab fashion termasuk pakaian, semakin harinya semakin menumpuk sebab tak sedikit orang yang memilih membeli pakaian baru sesuai tren.

Baca Juga: 4 Inspirasi Atasan untuk Rok A-Line

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari laman sustainyourstyle, simak 5 tips untuk mengurangi dampak dari lingkungan fashion berikut ini.

loading...

1. Kurangi berbelanja baju
Bahkan pakaian ramah lingkungan menggunakan sumber daya untuk produksi dan transportasi. Akar permasalahannya lebih besar terdapat pada nilai konsumerisme yang lumayan tinggi setiap orang.

Kebanyakan orang berpikir bahwa membeli pakaian baru dapat membuat bahagia. Gaya hidup semacam itu mungkin ada baiknya dikurangi bila ingin melakukan hal kecil untuk berkontribusi menjaga lingkungan.

Baca Juga: Viral Video Belasan Mobil Hanyut di Villa Nusa Indah Bekasi Akibat Banjir

2. Beli pakaian berkualitas
Terdapat orang-orang yang membeli pakaian murah tanpa memedulikan kualitas dan yang terpenting adalah membeli pakaian baru.

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X