Minggu, 29 Maret 2020

Fast Fashion, Berpotensi Memproduksi Secara Ilegal Karya Desainer

- 30 Desember 2019, 20:32 WIB
FAST Fashion.* /Pexels

PIKIRAN RAKYAT - Fast fashion adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan desain pakaian yang bergerak dalam industri pakaian.

Biasanya pakaian yang diproduksi dengan cepat mengikuti tren yang marak diminati masyarakat.

Berbagai koleksi fast fashion sering didasarkan pada desain yang disajikan di acara Fashion Week. Mode cepat atau fast fashion ini juga memungkinkan konsumen umum untuk membeli pakaian trendi.

Baca Juga: BNPB Siapkan BPBD Standar Internasional di 10 Kawasan Wisata Prioritas

Hal yang cenderung menjadi polemik yaitu banyaknya produksi fashion untuk terus mengikuti tren sehingga masyarakat terbiasa dengan pola hidup konsumtif agar dapat terus trendi.

loading...

Berbelanja pakaian juga sering dianggap sebagai sebuah agenda yang cukup besar bagi sebagian orang. Memasuki perkembangan mode yang lumayan cepat, pakaian yang trendi terus dikejar oleh setiap brand agar menjadi pilihan pertama bagi konsumen untuk membelinya.

Brand yang termasuk fast fashion kini bermacam sekaligus banyak berada di mall besar yang dapat dengan mudah dicari orang. Seperti Zara dari Spanyol, H&M dari Swedia, UNIQLO dari Jepang, GAP and Forever 21 dari Amerika Serikat, hingga Topshop dari Inggris.

Baca Juga: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tumbuh 5 Persen, Jokowi: Jangan Kufur Nikmat

Fast fashion ini merupakan keuntungan bagi pengecer karena mengenalkan produk baru secara terus menerus sehingga mendorong pelanggan untuk lebih sering berbelanja, yang berarti lebih sering pula mengeluarkan uang.

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X