Jumat, 21 Februari 2020

Fakta-fakta Karakter Joker dalam Sejarah Perfilman

- 30 Oktober 2019, 18:18 WIB
DOK. YOU TUBE

SOBAT Belia, siapa diantara kamu yang sudah nonton Film Joker? Film Joker yang resmi tayang di Indonesia pada awal bulan ini menjadi perhatian publik.Karakter antihero milik DC Comics yang dikenal menjadi salah satu musuh utama batman dan mempunyai ciri khas yaitu tertawanya.

Film Joker kali ini diperankan oleh Joaquin Phoenix aktor yang memulai karir di dunia akting sejak kecil. Ia tampil pertama kali diserial Seven Brides For Seven Brothers pada tahun 1982 saat usinya masih 8 tahun. Karena kemampuannya yang luar biasa dalam berakting dan menjiwai sebuah karakter ia pun masuk kategori aktor papan atas Hollywood.

Terpilihnya Joaquin Phoenix sebagai joker tidak terlalu mengejutkan, mengingat rekam jejak Joaquin yang lumayan sering memerankan peran nyeleneh. Penghayatan Joaquin Phoenix yang sangat tinggi sebagai joker dikhawatirkan menginspirasi masyarakat awam yang mentalnya kurang stabil untuk melakukan aksi serupa.

Seperti diketahui, joker melakukan aksi penembakan di stasiun kereta api dan sejumlah ruang publik. Tak ayal hal tersebut membuat film joker pun masih disorot. Terlepas dari hal tersebut , tidak ada salahnya jika kita membahas beberapa fakta tentang tokoh-tokoh  karakter yang pernah memerankan karakter sebagai joker. Berikut informasinya yang berhasil dikumpulkan dari sejumlah sumber online. Yuk, kita simak!

Cesar Romero (1966-1968)

Aktor yang pertama kali memerankan joker versi film, pria berdarah italia kelahiran New York tanggal 15 Februari 1907 menjadi joker dalam serial televisi Batman sejak 1966-1968. Aktingnya yang berhasil membawakan karakter joker, membuat actor yang wafat pada 1 Januari 1994 ini masuk ke dalam daftar “60 Penjahat paling menjijikan versi TV Guide tahun 2013).

Jack Nicholson (1989) 

Dalam film Batman yang dirilis tahun 1989 dan disutradarai oleh Tim Burton, terdapat sosok Jack Nicholson sebagai pemeran The Joker. Ini adalah untuk pertamakalinya sepak-terjang Batman diangkat ke layar lebar. Peran utama, yakni Batman alias Bruce Wayne, dilakonkan oleh Michael Keaton. Jack Nicholson terbilang sukses memerankan Joker. Dalam film tersebut, aktor asli New York yang lahir pada 22 April 1937 ini mendapat porsi yang cukup besar karena adegan pertempuran melawan Batman menjadi fokus utama yang diangkat. Tak hanya itu, berkat peran Nicholson dan Keaton, film ini memenangkan Academy Award dan masuk dalam beberapa nominasi di ajang penghargaan lainnya seperti Saturnus Award dan Golden Globe.

Heath Ledger (2008) 

Halaman:

Editor: Gugum Rachmat Gumilar

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X