Senin, 16 Desember 2019

RDS Live in Korea!

- 26 September 2019, 14:09 WIB
DOK. RUBAH DI SELATAN (RDS)

ANAK Bangsa kembali mengharumkan nama Indonesia di kancah luar. Indonesia memiliki banyak generasi muda kreatif diberbagai bidang termasuk di bidang musik.

Kali ini nama harum Indonesia ditorehkan oleh grup band Rubah Di Selatan (RDS) yang secara resmi dinyatakan masuk dalam 1st line-up festival tahunan di Seoul Korea Selatan, Zandari Festa 2019. Bahkan RDS menjadi satu-satunya perwakilan dari Indonesia tahun ini. Zandari Festa sendiri merupakan festival tahunan dengan misi membangun koneksi antarpelaku, penikmat, penggiat, serta lingkaran-lingkaran lain yang berhubungan dengan musik, agar dapat saling bertemu, bertukar gagasan, dan bertukar informasi. Dilaksanakan di tengah kota Hongdae, Seoul, Korea Selatan, tempat yang konon menjadi roda pergerakan industri kreatif independen di Korea, Rubah Di Selatan akan bermain pada hari terakhir di Festival ini yaitu pada tanggal 29 September 2019. 

RDS yang beranggotakan Mallindazky (vocal), Gilang Pultn (gitar), Yayan Padz (keyboard), Ronie Udara (etnik perkusi) ini mengaku tidak menyangka mereka akan masuk dalam jajaran grub band dalam festival tahunan di Seoul, Korea Selatan itu. “Awalnya kami juga nggak nyangka, tapi pas ada email masuk yang tanpa sengaja kebuka, dan hari itu adalah hari terakhir kami harus memberi keputusan apakah kami akan berangkat ke Zandari Festa atau tidak. Cukup panik sih. Akhirnya berempat kami sepakat nekat untuk menjawab Ya, kami akan tampil di Zandari! hehehe.” Jelas Gilang. Wah, ikut bangga ya Sob!

Dalam musiknya RDS membawa isu tentang kearifan lokal, petuah jaman dulu, nilai-nilai tradisi, dengan budaya masa kini. Gabungan instrumen etnik dan lirik populer, serta visual yang menggambarkan sisi lokal tradisi Indonesia, menjadi identitas kuat Rubah Di Selatan. 

Pada perjalanan kali ini, Band yang berdiri sejak 20 Agustus 2015 itu tidak hanya melakukan beberapa showcase di  Korea, juga akan ada agenda workshop dan conference. Rencananya akan dilakukan sebuah workshop singkat ditengah perjalanan tur untuk menggali ide dengan merasakan tempat dan suasana yang berbeda. Selain itu Rubah Di Selatan akan mengikuti kegiatan conference yang akan dilaksanakan di dalam rangkaian acara Zandari Festa. 

Perjalanan tur menuju Korea ini, menjadi sebuah pengalaman baru yang akan RDS rasakan setelah tepat tahun lalu Rubah Di Selatan menjajal perjalanan tur ke 5 Negara di Eropa. Hal ini menjadi salah satu jawaban dari harapan besar dari Rubah Di Selatan tentang Anthera yang dapat terus terbang dan berkembang, dan menjadi hal positif bagi siapapun dan dimanapun itu. Kini keempat dari mereka, Mallindazky, Gilang Pultn, Yayan Padz, dan Ronie Udara tengah bersiap menjajaki negara Korea. Dengan penuh harap, akan kemana lagi Anthera hinggap sebentar lagi.***



Editor: Ari Nursanti

Tags

Komentar

Terkini

X