[BELIA] Sebelum Nonton Filmnya, Simak 5 Fakta Menarik Novel Bumi Manusia yang Wajib Kamu Ketahui

- 11 Juli 2019, 09:30 WIB
SALAH satu adegan di film Bumi Manusia.*/DOK. YOU TUBE

IQBAAL Ramadhan. Wah dijamin sebagian besar Sobat Belia pasti sudah kenal dengan nama sang aktor ini. Sudah tahu film terbaru yang akan diperankan Iqbaal belum? Iqbaal dijadwalkan kembali membintangi film berjudul Bumi Manusia. Judul film yang satu ini sudah menjadi trending topic di You Tube beberapa hari yang lalu, dan pasti sudah menjadi obrolan terhangat di kalangan sobat muda.

Film Bumi Manusia ini merupakan film garapan sutradara Hanung Bramantyo yang dijadwalkan akan tayang pada 15 Agustus 2019 nanti. Film ini diadaptasi dari sebuah novel yang juga berjudul Bumi Manusia karya sastrawan Pramoedya Ananta Toer. Sebelum menonton filmnya, yuk kita simak fakta-fakta menarik tentang Novel Bumi Manusia!

Bumi Manusia Merupakan Salah Satu Novel Tetralogi Buru

Tetralogi Buru merupakan nama dari empat novel karya sastrawan andal Indonesia, Pramoedya Ananta Toer, yang ditulis saat ia meringkuk di kamp kerja paksa Pulau Buru. Novel ini terbit dari tahun 1980 hingga 1988 serta dilarang peredarannya oleh Jaksa Agung Indonesia selama beberapa masa. 

loading...

Pramoedya ditahan karena dianggap berhaluan kiri dan pentolan Lembaga Kesenian Masyarakat (Lekra) yang dekat dengan PKI saat rezim Orde Baru Soeharto tanpa pernah diadili. Tetralogi Buru ini mempunyai empat serial roman yaitu Bumi Manusia, lalu Anak Semua Bangsa, Jejak Langkah, dan Rumah Kaca. 

Novel Bumi Manusia Pernah Dicekal

Novel ini pernah dicekal pada tahun 1981 oleh Jaksa Agung karena dianggap mengandung ajaran Leninisme dan Marxisme. Namun buku ini malah melegenda di dalam dan luar negeri.

Halaman:

Editor: Gugum Rachmat Gumilar


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X