Kerap Terbangun pada Jam Tertentu di Malam Hari? Bisa Jadi Anda Alami Gangguan Kesehatan Ini

- 25 November 2021, 18:42 WIB
Ilustrasi.  Ini alasan kenapa Anda kerap terbangun pada malam hari dan kaitannya dengan kesehatan Anda.
Ilustrasi. Ini alasan kenapa Anda kerap terbangun pada malam hari dan kaitannya dengan kesehatan Anda. /Unsplash/Mpho Mojapelo

PIKIRAN RAKYAT- Pernahkah Anda memperhatikan bahwa Anda bangun setiap malam pada waktu tertentu tanpa alarm? Anda tertidur nyenyak, dan tiba-tiba tidur Anda terganggu dan terbangun pada waktu tengah malam.

Kebiasaan terbangun pada waktu tertentu di malam hari yang tidak diinginkan tersebut, ternyata dapat berkaitan dengan tubuh dan kesehatan Anda.

Menurut sebuah Pengobatan Tradisional China, jika Anda bangun pada jam-jam tertentu di malam hari, hal itu mungkin menunjukkan bahwa Anda menderita gangguan tidur kronis.

Lantas apa artinya jika Anda terbangun pada waktu tertentu di malam hari dan apa kaitannya dengan kesehatan Anda? Dilansir Pikiran-Rakyat.com dari laman The Minds Journal, berikut ini penjelasannya.

Baca Juga: Kucurkan Dana Bantuan Rp8.337 Triliun, Indonesia dan Prancis Kerja Sama Percepatan Transisi Energi

Pukul 21:00 – 23:00

Ketika Anda secara bertahap mulai tertidur yaitu tahap awal tidur, pembuluh darah Anda mulai menjadi lebih aktif, dan sistem endokrin Anda mulai menyeimbangkan dirinya sendiri.

Jika Anda bangun setiap malam selama waktu ini, ada yang salah dengan metabolisme, kelenjar adrenal, sistem endokrin, tiroid, atau sistem kekebalan Anda.

Jika Anda sulit tidur selama periode ini, mungkin juga berarti bahwa Anda sangat stres dan khawatir sepanjang hari. Untuk meningkatkan kualitas tidur Anda, dan menghentikan masalah ini, Anda dapat berlatih meditasi, latihan pernapasan dalam, atau melakukan yoga relaksasi sebelum tidur.

Halaman:

Editor: Arman Muharam

Sumber: The Minds Journal

Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network