Minggu, 19 Januari 2020

[BELIA] SMKN 1 Soreang: Berprestasi dan Bersinergi Bersama

- 25 Maret 2019, 08:00 WIB
SISWA SMKN 1 Soreang sedang melakukan praktikum pengelasan.*/RIFQI CANTONA

PADA 22 Maret 2019, belia dateng ke SMKN 1 Soreang, yang memiliki siswa sekitar 1.000 orang lebih. SMKN 1 Soreang juga punya 6 jurusan nih, yakni Teknik Komputer Jaringan, Teknik Pengelasan, Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Elektronika Industri, Akomodasi Perhotelan, dan Tataboga. Selain itu di SMKN 1 Soreang juga memiliki beberapa ekskul yang tiap sabtunya selalu rutin dilaksanakan latihan. Daripada penasaran, check this one out!

Penguatan pendidikan karakter setiap hari

Dalam penguatan pendidikan karakter, SMKN 1 Soreang membiasakan untuk masuk sekolah pukul 06.30. Setelah itu dilakukan pembiasaan selama 30 menit. Pada hari Senin dan Selasa dilakukan pembacaan surat pendek. Rabu membaca asmaul husna, Kamis diisi oleh BK dan psikologi. Jumat senam pagi atau Jumat bersih, dan Sabtu kepramukaan dan ekskul. 

Student of the year

Kedisiplinan sangat dijunjung tinggi di SMKN 1 Soreang, setiap harinya dari ujung kaki hingga ujung kepala dicek oleh OSIS dan guru. Hal ini dibentuk untuk siswa memiliki kesadaran terhadap kesalahannya. Oh iya yang unik, di SMKN 1 Soreang ini bakal diadain student of the year dengan penilaian dari beberapa aspek dan selama setahun emang dilihat dan diberi reward. Tapi juga buat yang melanggar aturan terbanyak selama setahun juga ada hukumannya.

Sarana prasarana lengkap dan memadai

SMKN 1 Soreang tiap jurusannya udah punya tempat praktik yang lengkap. Hal ini menjadi penunjang siswa antara teori dengan praktiknya. Nggak cuma itu, SMKN 1 Soreang juga udah punya kendaraan operasional setelah sebelumnya tidak ada.

Kualitas SDM terus ditingkatkan

Menurut Pak Tatang, kemajuan sekolah nggak hanya kualitas siswanya untuk berprestasi, tapi juga pengajarnya menjadi kunci untuk kemajuan siswa. Maka dari itu, pembentukan SDM sangat dijunjung tinggi dengan mengikuti pelatihan-pelatihan setiap gurunya, dan kebanyakan guru sudah menjadi instruktur nasional. Mantips banget ya!

Halaman:

Editor: Syauqy Lukman

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X