Sabtu, 22 Februari 2020

[BELIA] Intip Tradisi Unik Valentine Mancanegara

- 20 Februari 2019, 20:11 WIB
Valentine/SHUTTERSTOCK

MOMEN Valentine menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh sebagian orang, banyak hal udah direncanain untuk ngerayain bareng orang terkasih. Bahkan ada juga yang udah nyiapin jauh sebelum Hari Valentine tiba, dari mulai pesan bunga, bikin cake ala-ala, sampai rencana-rencana romantis yang berkesan. Nah, guys, merayakan Valentine juga gak harus dengan bunga mawar, cokelat, atau skenario romantis lho. Ada berbagai tradisi unik Valentine di berbagai negara. Penasaran kan?

1. Prancis

Bukan cuma negaranya aja yang punya julukan romantis, ternyata Perancis juga punya tradisi Hari Valentine yang unik dan tentu saja romantis. Gak heran Perancis menjadi pilihan banyak pasangan utuk merayakan Hari Valentine.

Tradisi yang sering dilakukan oleh orang-orang saat Hari Valentine di sana adalah memasangkan gembok di di Pont des Arts “love lock bridge” dengan menuliskan nama pasangan dan melempar kuncinya ke Sungai Seine dengan harapan cintanya akan abadi.

Meskipun Love Lock Bridge udah diganti sejak tahun 2015, tradisi itu masih berjalan sampai sekarang. Banyak orang melakukannya di jembatan yang berbeda. Selain gembok cinta, pasangan di Perancis juga punya tradisi unik bertukar catatan yang berisi curahan hati kasih dan sayang pada pasangan yang disebut dengan cartes d’amities.

2. Korea Selatan

Berbeda dengan negara lain, Korea Selatan punya tradisi dan waktu sendiri untuk Valentine. Terhitung dari tanggal 14 di bulan Februari sampai April, merupakan hari-hari yang sangat disukai oleh pasangan di Korea Selatan. Pada tanggal 14 Februari di Hari Valentine, perempuan akan memberikan hadiah pada laki-laki, baik berupa bunga, cokelat, ataupun yang lain.

Lalu, pada 14 Maret, laki-laki akan membalas memberikan hadiah dan hari ini disebut dengan “White Day”. Kedua tradisi ini juga dilakukan oleh Negara Jepang. Sedangkan untuk tanggal 14 di bulan April merupakan perayaan untuk para jomblo aka lajang.

Hari itu diliburkan dan biasanya orang-orang akan memakan jajangmyeon atau mie hitam sebagai perayaannya. Sesuai dengan warnanya, hari ini disebut dengan “Black Day”.

3. Filipina

Hari Valentine di Filipina menjadi hari berganti status untuk banyak pasangan di sana. Pada tanggal 14 Februari, beribu-ribu pasangan di Filipina akan mengikuti nikah massal. Acara nikah massal ini serentak dilakukan di berbagai tempat di Filipina. Mereka akan mengikrarkan janji bersama sehidup semati dan mengubah status menikah di Hari Valentine.

4. Afrika Selatan

Di Afrika Selatan, Valentine dirayakan dengan festival. Tradisi bertukar hadiah juga masih dilakukan selama Valentine. Kemudian di Hari Valentine tersebut, masing-masing orang akan memakai pin berbentuk hati di lengannya.

Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X