Pikiran Rakyat
USD Jual 14.037,00 Beli 14.135,00 | Berawan, 20.8 ° C

Yuk, Cegah Sakit Saat Musim Pancaroba Melanda!

Sobat Belia
ILUSTRASI hujan dibarengi petir.*/DOK. PR
ILUSTRASI hujan dibarengi petir.*/DOK. PR

KOTA Bandung mulai di guyur hujan. Panas terik di siang hari, namun  tiba-tiba hujan di malam hari. Perubahan cuaca yang tiba-tiba dan tidak menentu seperti saat ini menjadi tanda bahwa kita sedang memasuki musim pancaroba. Tahukan Sobat Belia, apa itu musim pancaroba? Masa pancaroba adalah peralihan musim dari musim kemarau ke musim hujan begitupun sebaliknya.

Pada musim seperti ini, perubahan cuaca dan suhu yang sangat drastis membuat tubuh kita dipaksa untuk beradaptasi dengan cuaca. Tak hanya itu, musim seperti ini juga menjadi waktu yang disukai virus dan bakteri untuk berkembang biak dengan cepat. Maka tak heran, bagi seseorang yang mempunyai daya tubuh rendah sangat mudah terserang penyakit. Terutama bagi mereka yang suka bekerja keras dan kurang istirahat.

Saatnya lindungi tubuh dengan beberapa tips yang bisa mencegah dan mengatasi berbagai macam penyakit yang mudah menyerang daya tahan tubuh saat musim pancaroba.

Mencuci tangan

Mencuci tangan menjadi hal yang sepele bagi sebagian orang, tanpa disadari tangan merupakan media penyebar virus dan bakteri loh! Maka dari itu biasakan mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas.

Penuhi nutrisi tubuh

Sistem kekebalan tubuh akan bekerja maksimal untuk melawan virus dan bakteri yang masuk, apabila nutrisi tubuh terpenuhi. Sudah lama tidak menerapkan pola makan gizi seimbang? Saatnya terapkan kembali!

Konsumsi vitamin daya tahan tubuh

Setelah nutrisi tubuh terpenuhi, selanjutnya adalah konsumsi vitamin/suplemen yang dapat membantu daya tahan tubuh kamu selama musim pancaroba. Pilih vitamin yang kamu rasa cocok untuk kamu konsumsi.

Rutin berolahraga

Meski cuaca sering berubah-ubah bukan berarti kamu melupakan olahraga. Ajak keluarga, sahabat, atau buah hati untuk rutin berolahraga meskipun hanya 30 menit. Usahakan setiap harinya tubuh kalian cukup bergerak. Rutinitas olahraga ini tidak hanya membuat kekebalan tubuh terjaga, tetapi akan membuat tubuh kamu bugar sepanjang hari dan tidak mudah merasa letih.

Cukupi air putih

Jangan pernah melupakan pentingnya mengonsumsi air putih yang cukup. Selain dapat menjaga metabolisme dalam tubuh, air putih juga dapat mencegah tubuh terkena infeksi. Maka ingatkan selalu keluarga dan orang-orang terdekat kamu untuk selalu mengonsumsi air putih 8 gelas setiap harinya.

Bawa selalu baju hangat dan jas hujan

Meski siang hari cuaca terasa terik dan hangat, namun bisa saja tiba-tiba turun hujan lebat. Belum lagi suhu malam yang terasa lebih dingin dari biasanya. Untuk berjaga-jaga, jika kamu bepergian tetap bawa baju hangat dan jas hujan, terlebih untuk kalian yang membawa kendaraan bermotor.(JT-Suci Ramdanita/UIN Sunan Gunung Djati Bandung)***

Bagikan: