Pikiran Rakyat
USD Jual 14.095,00 Beli 14.193,00 | Langit umumnya cerah, 19.1 ° C

Ini Dia Cara "Survive" Saat Musim Hujan Tiba

Sobat Belia
ILUSTRASI musim hujan.*/DOK. FREEPIK
ILUSTRASI musim hujan.*/DOK. FREEPIK

MUSIM hujan telah tiba, Sobat Belia! Aroma basah jalanan dan tanaman telah membuat sebagian besar orang merasa lega dan bersyukur. Setelah sekian lama musim kemarau melanda, kini musim hujan pun tiba. 

Untuk menghadapi musim penghujan ini, Sobat Belia harus selalu siap dengan kemungkinan risiko hujan turun sepanjang hari. Berikut petunjuk singkat atau tips yang bisa dilakukan Sobat Belia untuk menghadapi musim hujan. Yuk, kita survive dalam segala kondisi hujan!

Pertama, sedia payung sebelum hujan

Ke mana pun kalian pergi, pastikan benda satu ini selalu sudah setia berada di dalam tas. Payung lipat lebih efektif dari pada payung biasa yang perlu kita pegang karena panjangnya tak muat di dalam tas. Payung merupakan barang sederhana yang harus kita miliki ketika musim hujan.

Kedua, jas hujan

Selain payung, kalian juga bisa membawa jas hujan lipat. Apalagi bagi para bikers atau pengendara motor, gunakan jas hujan jenis baju dan celana, supaya tidak menganggu konsentrasi saat menyetir. Jas hujan jenis ini juga bisa mengurangi resiko bahaya di jalan. 

Ketiga, baju hangat/jaket

Seolah tak henti-hentinya mengingatkan, pakailah baju hangat ketika berpergian keluar. Cuaca dingin memang terasa sejuk, namun tidak bagi tubuh kalian. Apalagi yang memiliki daya tahan tubuh yang rendah kalian harus wajib memakai baju hangat/jaket.

Keempat, sepatu karet

Tak hanya tubuh, kaki kita juga perlu perlindungan. Untuk orang-orang yang lebih menyukai jalan kaki, pilihlah sepatu tinggi dan terbuat dari karet. Jaga-jaga saja jika jalanan yang dilalui penuh genangan air, sepatu kotor karet lebih mudah dicuci dan kering, ketimbang sepatu berbahan kain. 

Kelima, konsumsi vitamin

Musim hujan identik dengan flu, dan berbagai macam penyakit lainnya. Untuk menjaga kesehatan tubuh dari dalam, kalian juga bisa mengonsumsi vitamin. Selalu sedia vitamin di dalam tas. Mengonsumsi vitamin, sangatlah mudah. Tersedia berbagai macam vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh di apotik maupun supermarket terdekat.

Keenam, aplikasi prakiraan cuaca

Hampir semua smartphone sudah dilengkapi dengan aplikasi prakiraan cuaca. Tidak ada salahnya jika kita selalu update dengan perkiraan cuaca yang ada di smartphone. Mungkin sebagian kurang percaya akan aplikasi ini, namun tidak ada salahnya jika kita bisa mengetahui apakah hari ini akan hujan, atau tidak. Aplikasi ini reminder juga untuk selalu membawa payung dan baju hangat ketika akan keluar.

Ketujuh, periksa langit-langit dan dinding tempat tinggal

Untuk kalian nih mahasiswa kos-an, sempatkanlah sesekali untuk memeriksa langit-langit tempat tinggal kalian. Meskipun yakin tidak ada yang bocor, tapi coba periksa jika saja ada beberapa tempat yang meresap air hujan dan membuat langit-langit atau dinding berjamur dan lembab. Jauhkan lemari kayu dan barang-barang yang gampang terkena jamur dari tempat-tempat yang lembab. 

Kedelapan, periksa selokan

Jika rumah kalian dekat dengan selokan kecil ataupun besar. Rutinlah untuk memeriksa kebersihan selokan tersebut. Pastikan tidak ada sampah yang menghambat selokan, agar air selokan tidak meluap ketika hujan deras. Risiko terbesarnya selokan terhambat bisa menyebabkan banjir.

Beberapa tips di atas bisa dengan gampang diterapkan dalam kegiatan sehari-hari. Sederhana, namun berdampak besar untuk mengurangi risiko yang ditimbulkan saat musim hujan. (JT-Siti Ulfatul Rahmah/UIN Sunan Gunung Djati Bandung)***

Bagikan: