Pikiran Rakyat
USD Jual 14.089,00 Beli 14.187,00 | Umumnya cerah, 24.2 ° C

Lima Kota Zona Biru dengan Penduduk Mencapai Usia 100 Tahun

Sobat Belia
DOK. LOTTAVEG.COM
DOK. LOTTAVEG.COM

PERNAHKAH Sobat Belia berdoa dan berharap bisa berumur panjang dan tetap sehat serta menikmati hidup? Atau mungkin pernahkan Sobat Belia mendengar istilah centenarian. Ya,  centenarian adalah orang-orang yang hidup dengan usia yang melebihi 100 tahun yang masih sehat dan bisa beraktivitas seperti biasa. 

Nah Sobat Belia tidak perlu mencari ramuan sihir atau pergi ketempat-tempat tersembunyi untuk mendapatkan ramuan ajaib seperti di film-film Hollywood, karena ternyata ada beberapa wilayah di dunia yang dihuni oleh penduduk yang memiliki usia lebih dari 90 sampai 100 tahun berkat gaya hidup dan aktivitas sehari-hari mereka, wilayah-wilayah tersebut dikenal dengan istilah Zona Biru.

Zona Biru (Blue Zone) adalah istilah bagi wilayah-wilayah di dunia yang memiliki penduduk yang berusia panjang dan hidup sehat. Istilah ini muncul pertamakali dari seorang penulis dan kontributor dari national geographic Dan Buettner, yang mempelajari mengenai kota-kota yang dihuni oleh centenarian atau para penduduk yang berusia lebih dari 100 tahun. Dan Buettner sendiri memberi istilah bagi kota-kota tersebut sebagai Blue Zone atau Zona Biru dalam bukunya yang berjudul “The Bluezones”. Dalam buku tersebut Dan Buettner  menyebutkan lima wilayah di dunia yang termasuk ke dalam kategori zona biru, yaitu:

Okinawa, Jepang

Penduduk Okinawa terutama yang berada dibagian utara pulau tersebut, sering mengonsumsi makanan yang kaya akan sayuran dan tahu, selain itu terdapat budaya Moai yaitu kebiasaan menjalin hubungan yang erat dengan masyarakat sekitarnya, dimana mereka saling menjaga dan merawat satu sama lain. Hal tersebut dapat memberikan dukungan sosial bagi para penduduknya serta mengurangi stress, selain itu juga mereka biasa melakukan aktivitas sebagai petani dan melakukan kebiasaan hidup sehat seperti aktivitas berolahraga ringan bersama-sama. Pola hidup tersebut membuat banyak perempuan di Okinawa memiliki umur yang panjang dan bahkan melampaui usia 100 tahun.

Sardinia, Italia

Penduduk di Sardinia (khusunya provinsi Nuoro dan Ogliastra) rutin mengonsumsi banyak sayuran di mana mereka tinggal di wilayah pegunungan yang menjadi tempat mereka bertani, juga dengan kebiasaan meminum satu atau dua gelas wine setiap harinya. Selain itu sama seperti di Okinawa, penduduk di Sardinia pun memiliki hubungan yang sangat erat dengan kelompok disekitarnya, sehingga ketika memasuki masa tua mereka masih bisa berkativitas dan mendapatkan dukungan serta perawatan dari keluarga serta kelompok disekitarnya. Jika di Okinawa banyak perempuan yang berusia lebih dari 100 tahun, Sardinia merupakan rumah bagi para pria tertua didunia.

Loma Linda, California

Di wilayah Loma Linda terdapat kelopok bernama Advent hari ketujuh, itu merupakan kelompok masyarakat yang sangat religius yang berisi beberapa orang yang memiliki usuia terpanjang di Amerika Serikat, sama dengan dua kota sebelumnya penduduk si Loma Linda pun memiliki hubungan yang erat dengan keluarga dan kelompoknya selain itu mereka merupakan vegetarian ketat dan melakukan diet berbasis tanaman, penduduk Loma Linda memiliki angka harapan hidup 10 tahun lebih lama dari penduduk AS pada umumnya.

Semenanjung Nicoya, Kosta Rika

Para penduduk di Semenanjung Nicoya ini masih tetap aktif diumur 90 tahun, bahkan mereka sudah terbiasa bangun pagi-pagi sekali untuk memulai aktivitas mereka yang mayoritas bekerja sebagai petani, hal itu dikombinasikan dengan kebiasaan para penduduknya memakan makanan seperti kacang-kacangan, jagung, juga buah buahan tropis yang membuat tubuh mereka tetap sehat. Oleh karena itu masyarakat Semenanjung Nicoya bisa hidup penuh dengan rasa syukur hingga usia melebihi 90 tahun.

Ikaria, Yunani

Kota yang terdapat di sebuah pulau yang dekat dengan pantai Turki ini memeiliki julukan The Island of Long Life. Satu dari tiga penduduk di wilayah ini berusia lebih dari 90 tahun, sama dengan Negara zona biru lainnya kebiasaan hidup sehat mereka dengan memakan makanan berbasis tumbuhan,seperti sayuran, buah, gandum utuh, kacang-kacangan dan minyak zaitun, yang juga dikenal dengan diet mediterania. Dan ikatan erat dengan komunitas disekitarnya menjadi rahasia panjang umur masyarakat Ikaria ini.

Nah, Sobat Belia, dari daftar tersebut sebenarnya ada beberapa kesamaan yang membuat penduduk dikota-kota tersebut memiliki umur yang panjang, dengan pola hidup yang sehat seperti memakan makanan yang sehat dan berasal dari tumbuh-tumbuhan, tetap melakukan aktivitas seperti bekerja atau berolahraga ringan, juga dukungan dan hubungan yang erat dengan keluarga dan lingkungan disekitar dapat membantu penduduk di wilayah tersebut memiliki umur yang panjang.(JT-AKMAL GHANI)***

Bagikan: