Pikiran Rakyat
USD Jual 14.116,00 Beli 14.214,00 | Sebagian berawan, 21.3 ° C

[BELIA] Berkenalan dengan Orang Jerman? Pelajari Dulu Beberapa Sapaan dalam Bahasa Mereka

Tim Pikiran Rakyat
BENDERA Jerman/REUTERS
BENDERA Jerman/REUTERS

Pada era globalisasi seperti saat ini, sekat antarnegara seakan hilang. Siapa pun bisa menjalin komunikasi dengan orang dari negara mana pun. Bukan hal yang tidak mungkin juga bagi Sobat Belia untuk bepergian ke luar negeri, baik untuk belajar atau sekadar bervakansi.

Namun, sebelum berkenalan dengan orang Jerman atau pergi ke Jerman, tentu ada baiknya Sobat Belia mempelajari terlebih dahulu sapaan formal dan informal yang biasa diucapkan oleh masyakarat sana. Berikut Belia menyajikan beberapa di antaranya:

Sapaan sehari-hari

Hallo 
Sapaan ini merupakan sapaan umum yang biasa dipakai di berbagai tempat. Dalam situasi formal maupun informal, sebelum menanyakan kabar biasanya seseorang menyapa dengan sapaan "Hallo" (baca: halo) terlebih dahulu.

Moin, Moin! 
Sapaan "Moin, Moin!" atau "Moin!" (baca: moyn, moyn) yang dalam bahasa Indonesia berarti "Halo" merupakan sapaan yang digunakan di Jerman bagian utara seperti Hamburg. Sapaan ini biasa digunakan sebagai sapaan sepanjang hari.

Servus! 
Sapaan "Servus!" (baca: seyr-vus) atau dalam bahasa Indonesia berarti "Halo" biasa digunakan di Jerman bagian selatan. Sapaan lainnya yang biasa digunakan di Jerman bagian selatan terutama Bavaria adalah ‘Grüß Gott’ yang artinya "Semoga Tuhan bersamamu".

Sapaan terikat waktu

Layaknya bahasa pada umumnya, tentu saja Jerman juga memiliki sapaan selamat pagi, siang, dan malam yang berbeda.

Guten Morgen 
Sapaan "Guten Morgen" (baca: gu-ten mohr-gen) atau "Selamat Pagi" merupakan sapaan yang biasa diucapkan oleh seseorang ketika bertemu dengan teman atau koleganya secara formal maupun informal pada pagi hari. Di beberapa daerah, sapaan ini biasanya diucapkan maksimal hingga jam sepuluh pagi.

Guten Tag 
Sapaan "Guten Tag" (baca: gu-ten tagh) atau "Selamat Siang" biasanya diucapkan mulai dari jam 12 siang hingga jam enam sore.

Guten Abend 
Sapaan "Guten Abend" (baca: gu-ten a-ben) atau "Selamat Malam" biasanya diucapkan setelah jam enam sore sampai larut malam.

Gute Nacht 
Sama-sama diucapkan pada malam hari, ucapan "Gute Nacht" (baca: gu-te nakht)atau "Selamat Tidur" tentu berbeda dengan sapaan "Guten Abend". Jika "Guten Abend" hanya digunakan sebagai sapaan ketika bertemu teman atau kolega saat hari sudah malam, "Gute Nacht" digunakan sebagai ucapan perpisahan setelah bertemu dengan teman tersebut. Sapaan "Gute Nacht" juga dapat diucapkan seperti saat seorang Ibu mengucapkan "Selamat Malam" kepada anaknya saat hendak pergi tidur.

Sapaan terkait kabar

Untuk menanyakan kabar dalam suasana formal, Sobat Belia bisa menggunakan kalimat "Wie geht es Ihnen?" (baca: vie geyt es inen?) yang dalam bahasa Indonesia berarti "Bagaimana kabar Anda?". Namun bisa juga memakai "Geht es Ihnen gut?" (baca: geyt es inen gut?) yang dalam bahasa Indonesia berarti "Apakah kabar Anda baik?". Kata "Ihnen" dalam bahasa Jerman memiliki peran sebagai objek yang berarti "Anda". 

Respons dari ucapan-ucapan di atas idealnya tentu dijawab secara formal juga, seperti "Danke, gut. Und Ihnen?" yang dalam bahasa Indonesia berarti "Baik, terima kasih. Dan Anda?". Respons lainnya yaitu dengan menjawab, "Ziemlich gut, danke" yang berarti "Lumayan baik, terima kasih". 

Selain sapaan kabar dalam suasana formal, terdapat pula yang bersifat informal. Artinya, hanya dapat ditanyakan kepada orang yang sudah sangat dekat seperti teman, atau guru terhadap murid. Dalam kondisi ini, Sobat Belia bisa menggunakan kalimat "Wie geht es dir?" (baca: vie geyt es dier?) berarti "Apa kabarmu?" yang ditandakan dengan "dir" sebagai objek yang dalam bahasa Jerman berarti "kamu". Bisa juga dengan mengucapkan "Wie geht’s?" (baca: vie geyts?) yang merupakan bentuk singkat dari "Wie geht es dir?" yang memiliki arti yang sama. 

Respons dari pertanyaan kabar di atas tentu dijawab secara informal juga, seperti "Es geht mir gut, danke. Und dir?" yang dalam bahasa Indonesia berarti "Saya baik-baik saja, terima kasih. Kamu?". Jika sedang merasa kurang baik, dapat dijawab dengan "Nicht so gut" atau "Tidak terlalu baik", dan jika merasa baik-baik saja dapat dijawab dengan "Nicht schlecht" atau "Tidak buruk". (JT-Jasmin Jannatania)***

Bagikan: