Pikiran Rakyat
USD Jual 14.116,00 Beli 14.214,00 | Sedikit awan, 20.3 ° C

[BELIA] Hendak Mendaki di Jawa Barat? Berikut 4 Gunung Berpanorama Indah Milik Bumi Pasundan

Tim Pikiran Rakyat
null
null

“Bumi Pasundan lahir ketika Tuhan sedang tersenyum”, ucap orang Belanda yang tinggal lama di Indonesia, Martinus Antonius Weselinus (M.A.W) Brouwer. Kata-kata tersebut saat ini terpampang di bawah jembatan penyeberangan dekat Gedung Merdeka di Jalan Asia Afrika Bandung dan menjadi tempat favorit selfie bagi para wisatawan yang datang ke Kota Bandung. 

Selaras dengan ucapan M.A.W Brouwer, Jawa Barat dianugerahi begitu banyak keindahan alam oleh Sang Maha Pencipta. Dilewati oleh gunung aktif maupun tidak aktif, Tanah Pasundan menjadi destinasi favorit para pendaki, baik pendaki pemula ataupun pendaki profesional. Namun perlu diingat bagi para pemula, mendaki bukan sekadar ajang untuk bersenang-senang, atau bukan sekadar ikut-ikutan supaya dibilang kekinian. Lebih dari itu, mendaki membutuhkan fisik, mental, keberanian, kesabaran dan tanggung jawab yang kuat.

Nah, bagi Sobat Belia yang ingin mendaki, berikut beberapa gunung di Jawa Barat yang harus masuk dalam daftar pendakianmu.

Gunung Ciremai


Gunung yang memiliki tinggi 3.078 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat. Gunung tersebut berada dalam tiga wilayah kabupaten, yakni Kabupaten Cirebon, Kabupaten Majalangka, dan Kabupaten Kuningan yang termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC). Dengan luas ± 15.500 Ha, Gunung Ciremai memiliki empat jalur yang bisa digunakan untuk mencapai ke puncak, yaitu jalur Palutungan (Kabupaten Kuningan), jalur Linggarjati (Kabupaten Kuningan), jalur Linggasana (Kabupaten Kuningan) dan jalur Apuy (Kabupaten Majalengka). 

Keunikan alam dari Gunung Ciremai salah satunya memiliki dua kawah, yaitu kawah bagian barat beradius 400 meter dan terpotong oleh kawah timur yang beradius 600 meter. Pada ketinggian 2.900 mdpl terdapat bekas titik letusan yang unik dan diberi nama Goa Walet yang menjadi daya tarik para pendaki untuk berkunjung ke Gunung Ciremai.

Gunung Papandayan


Gunung Papandayan berlokasi di Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut. Dengan ketinggian 2.665 mdpl, gunung ini merupakan salah satu gunung favorit bagi para pendaki pemula. Treknya yang tidak curam, pemandangan kawah di sepanjang jalannya, pesona hutan mati, dan hamparan bunga Edelweiss di puncak akan membuat jatuh hati para pendaki. Dengan waktu 2-3 jam, kalian bisa menggapai puncak Gunung Papandayan, atau biasa disebut dengan Tegal Alun.

Untuk Camp Ground, pendaki biasa memasang tendanya di Pondok Salada atau Pos 2 dari Gunung Papandayan. Di Kawasan Pondok Salada ini terdapat beberapa warung yang menyediakan bahan makanan seperti sayuran, gorengan, dan jajanan-jajanan kecil. Jadi kalian yang ingin berkunjung ke Gunung Papandayan, jangan khawatir kehabisan makanan.

Gunung Pangrango


Berada dalam tiga wilayah yakni Kabupaten Cianjur, Bogor dan Sukabumi membuat Gunung Pangrango menjadi destinasi favorit para pendaki karena letaknya di antara Ibu Kota Jakarta dan Bandung. Dengan ketinggian 3.019 mdpl, Gunung Pangrango menjadi gunung tertinggi kedua di Jawa Barat. Persis di sebelah Gunung Pangrango, terdapat Gunung Gede (2958 mdpl) dan masih berada dalam satu Kawasan Taman Nasional Gede Pangrango.

Gunung yang pernah didaki oleh Soe Hok Gie ini memiliki pesona yang sangat indah. Salah satunya yaitu keberadaan bunga abadi atau bunga Edelweiss yang tumbuh di tengah-tengah padang rumput, ini adalah momen yang hanya bisa ditemui di Gunung Pangrango. Lalu terdapat sebuah telaga di tengah hutan yang hanya dapat kalian jumpai ketika mendaki ke Gunung Pangrango melalui jalur Cibodas. Telaga ini sering disebut telaga biru karena airnya yang berwarna biru. Keindahan telaga biru menjadikan tempat menarik untuk istirahat para pendaki sebelum melanjutkan perjalanan ke puncak Gunung Pangrango.

Gunung Cikuray


Gunung Cikuray terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Gunung ini memiliki ketinggian 2.821 mdpl, tertinggi keempat setelah Gunung Ciremai, Gunung Pangrango, dan Gunung Gede. Gunung Cikuray berada di perbatasan Kecamatan Bayongbong, Cikajang, dan Dayeuh Manggung. Gunung ini memiliki tiga jalur pendakian, ketiga jalur tersebut memiliki karakternya masing-masing. Jalur Bayongbong adalah jalur paling terjal, tetapi cepat sampai ke puncak.

Di sepanjang perjalanan pendakian, kita akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat indah. Mulai dari perkebunan teh, perkebunan kol, lalu masuk ke kawasaan hutan Gunung Cikuray yang masih asri. Para pendaki tentu akan menunggu momen indah saat mendaki Gunung Cikuray, yaitu melihat matahari terbit dari puncak Gunung Cikuray. Cuaca dingin dan lautan awan akan menemani kalian menikmati momen langka yang hanya ada di Gunung Cikuray. (JT-Feby Mochamad Pahlevi)***

Bagikan: