Pikiran Rakyat
USD Jual 14.279,00 Beli 14.181,00 | Cerah, 28.3 ° C

[BELIA] 5 Lagu Indonesia yang Tak Pudar oleh Waktu

Tim Pikiran Rakyat
ILUSTRASI.*/DOK. ISTIMEWA
ILUSTRASI.*/DOK. ISTIMEWA

HAI Sobat Belia! Tahu enggak fakta bahwa mendengarkan musik dapat meningkatkan mood, menambah stamina saat berolahraga, meningkankan iq dan kinerja akademik, serta lain sebagainya. Nah, tidak heran bukan, jika musik banyak didengarkan oleh berbagai kalangan mulai dari anak kecil sampai dewasa. Oleh karena itu dari waktu ke waktu banyak musisi membuat lagu dan merekamnya. Kemudian mereka sebar lewat media sosial, platform music, dan sejenisnya.

Setiap mendengar berbagai macam musik, pasti pendengar lagu mempunyai penilaiannya masing-masing. Misalnya ia suka lagu itu karena personel band-nya, bisa juga sebab musiknya sangat bagus dan liriknya menyayat hati. Kali ini, Belia akan memberikan lima lagu yang tak pudar oleh waktu nih. Maksudnya walaupun lagu ini dapat dikategorikan zaman dulu (jadul), tapi masih didengarkan oleh berbaagai kalangan sampai sekarang, berikut beberapa lagunya:

Kangen-Dewa 19

Band Dewa 19 berdiri sejak tahun 1986, di Surabaya. Dewa merupakan grup band yang santer dibicarakan karena sering kali melakukan pergantian personel. Formasi terakhir Dewa 19 sebelum dibubarkan yaitu Once Mikael (Vokal), Ahmad Dhani (kibor), Andra Junaidi (gitar), Yuke Sampurna (bass), Agung Yudha (drum).

Makna Lagu Kangen adalah menceritakan perasaan cinta yang abadi setiap insan, dan menghasilkan sebuah rasa “kangen”.  Melalui lagu “Kangen” Dewa 19 berhasil menggondol dua penghargaan di BASF Awards 1993 (sebutan dahulu Anugerah Musik Indonesia) sebagai “pendatang baru dan album terlaris tahun 1993”.

Menanti Sebuah Jawaban-PADI

Jika dibandingkan dengan Dewa 19 umur Padi tertinggal lumayan jauh. Padi memulai debutnya pada tahun 1999. Grup musik ini dipunggawai oleh  Ari Tri Sosianto (gitar, efek musik), Andi Fadly Arifuddin (vokal, gitar), Surendro Prastyo (drum), Rindra Risyanto Noor (bas), dan Satriyo Yudi Wahono (gitar).

“Menanti Sebuah Jawaban” mempunyai lirik yang membuat terenyuh hati para pendengar.Lirik lagu ini dimaknai dari dua sisi yaitu pertama tentang mengungkapkan perasaan cinta kepada orang yang sangat dicintai, kedua mengambil sisi religius pada lagu ini.

Pergilah Kasih-Chrisye

Pengorbanan seorang kekasih yang tegar dan rela melepaskan pujaan hatinya, itu merupakan makna lagu “Pergilah Kasih” kepunyaan Chrisye. Dengan arti yang terkandung dalam lagu ini, tidak heran jika sampai sekarang lagu ini masih layak didengar oleh Sobat Belia.

Chrisye bisa dikatakan musisi legenda Indonesia. Karena pengalaman dan kiprah bermusiknya di Indonesia yang sangat luar biasa. Ia mulai dikenal pada tahun 1977.

Berita Kepada Kawan-Ebiet G Ade

Makna yang tersirat dari lagu ini adalah Ebiet mengingat kitatentang keadaan bumi kita saat ini. Melihat ironisnya dunia ini karena kerusakan alam. Ebiet G Ade merupakan penyanyi yang sangat dikenal dengan cengkk khasnya. Ia memulai karier bermusiknya pada tahun 1979.

Kemesraan-Iwan Fals

Siapa yang tak mengenal musisi Indonesia yang tersohor ini? Iwan Fals mempunyai banyak lagu yang masih hits sampai saat ini. Ia memulai kariernya pada 1975,salah satunya yaitu “Kemesraan”. Lagu kemesraan mempunyai pesan tentang keluarga yang harus selalu menjaga keharmonisan, saling pengertian, perhatian satu sama lain. Jika semua itu tercapai maka terciptalah sebuah keharmonisan, kerukunan, dan kenyamanan dalam berkeluarga.

Apakah Sobat Beliamasih sering mendengarkan lagu-lagu di atas? Sebenarnya masih banyak sekali lagu-lagu bagus di Indonesia pada dahulu kala. Lagu-lagu yang dirilis dahulu pun tidak kalah bersaing dengan lagu sekarang loh, Sobat Belia. Musik memang benar-benar tidak lekang oleh waktu. Seperti pepatah bahwa “musik tidak ada matinya”.(JT/Alvin Aditya)***

Bagikan: