Pikiran Rakyat
USD Jual 14.285,00 Beli 14.187,00 | Sedikit awan, 26.3 ° C

[BELIA] Sommerkurs, Pintu Mahasiswa Indonesia Menembus Jerman

Tim Pikiran Rakyat
DOKUMENTASI pribadi Luh Manik Zhinta Nareswari.
DOKUMENTASI pribadi Luh Manik Zhinta Nareswari.

“Wenn man keine träume hat, hat man keine ziele mehr im Leben (Ketika seseorang tidak memiliki mimpi, maka tidak ada lagi tujuan dalam hidupnya)“ kurang lebih begitu moto hidup Luh Manik Zhinta Nareswari atau biasa disapa Zhinta. Zhinta merupakan mahasiswi Sastra Jerman Universitas Padjadjaran yang mendapatkan beasiswa Sommerkurs atau kursus musim panas di Jerman selama satu bulan dari DAAD (Deutscher Akademischer Austauschdienst) Indonesia pada tahun 2018. 

Sudah lebih dari lima tahun Jurusan Sastra Jerman Universitas Padjadjaran selalu mengirimkan sedikitnya dua mahasiswanya ke Jerman untuk beasiswa Sommerkurs ini. Pada tahun 2018, Zhinta merupakan salah satu dari dua mahasiswa yang terpilih untuk mendapatkan beasiswa ini.

“Aku memilih Universität zu Köln karena mimpiku sedari dulu ingin sekali pergi ke sana, jadi ya sudah deh aku pilih saja itu sebagai pilihan pertamaku,“ ucap Zhinta (21).

DOKUMENTASI Luh Manik Zhinta Nareswari.

Pilihan kampus

Tersedia tiga pilihan universitas untuk mendaftar Sommerkurs ini, tiap universitas menawarkan kursus satu bulan, serta jalan-jalan ke tempat-tempat wisata yang berada di sekitar kota tersebut. Ada universitas yang menawarkan jalan-jalan hingga ke Belanda, Belgia, Perancis, dan negara lainnya yang berbatasan dengan Jerman. Namun, impian Zhinta bukanlah pergi ke negara-negara tersebut, melainkan berjalan-jalan di Kota Köln. 

Köln merupakan salah satu kota yang sangat digemari turis jika berkunjung ke Jerman, selain karena salah satu kota terbesar di Jerman, juga karena banyak tempat bersejarahnya. Salah satunya adalah Kölner Dom atau Gereja Kathedral di Köln yang umurnya sudah lebih dari lima abad dan masih berdiri dengan kokohnya hingga kini.

Tiap universitas menawarkan harga kursus yang berbeda tergantung pada apa saja paket yang ditawarkan. Seperti yang dikatakan Zhinta, jika universitas tersebut menawarkan wisata ke negara yang berada di perbatasan Jerman, maka harganya pun akan menjadi lebih mahal.

Beasiswa yang ditawarkan oleh DAAD Indonesia merupakan beasiswa sebagian, atau lebih jelasnya mahasiswa yang mendapat beasiswa tersebut tetap akan mengeluarkan biaya sendiri di luar yang diberikan oleh DAAD Indonesia.

DAAD Indonesia memberikan beasiswa hanya untuk biaya kursus, tempat tinggal, serta transportasi selama berada di Jerman. Tentu biaya kursus disini sudah termasuk dengan biaya wisata yang ditawarkan. “Maka dari itu, teman-teman harus bisa memilih dan memilah universitas mana yang kira-kira sesuai dengan budget yang sudah teman-teman persiapkan,“ ucap Zhinta.

Syarat

Untuk syarat mendaftar Sommerkurs ini tentunya harus memiliki sertifikat kemampuan berbahasa Jerman, minimal untuk tingkat sertifikasinya adalah B1. Sertifikat ini bisa didapatkan dengan ujian di Goethe-Institut Indonesia. Berbeda dengan Zhinta, yang merupakan mahasiswi Sastra Jerman Unpad, ia mendapat sertifikasinya melalui tes onSET DAF (Deutsch als Fremdsprache) dari DAAD Indonesia untuk Sastra Jerman Unpad.

Setelah mendapat sertifikasi bahasa Jerman, yang harus dipersiapkan juga adalah Motivationsbrief atau surat motivasi yang lengkap dengan tiga pilihan tempat kursus yang diinginkan di situs resmi DAAD Indonesia. Tidak lupa juga persiapkan Lebenslauf atau Curriculum Vitae dalam bahasa Jerman. 

Pilihan untuk kursus musim panas ini bukan hanya kursus bahasa Jerman saja, ada juga kursus tentang Ekonomi, Sastra, Saintek, Kebudayaan, dan lainnya. Tapi kembali lagi, dilihat dari seberapa tinggi tingkat sertifikasi kebahasaannya. “Jangan lupa berdoa, juga berusaha untuk mendapat nilai yang bagus selama kuliah karena entah bagaimana, menurutku itu termasuk penilaian juga dari universitas yang kalian daftarkan untuk kursus. Pokoknya kejar terus impian teman-teman apapun itu, karena usaha tidak akan mengkhianati hasil,“ ujar Zhinta sebelum akhirnya berpamitan. (JT-Jasmin Jannatania)***

Bagikan: