Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Sebagian berawan, 20.9 ° C

[BELIA] Sebelum Nonton Filmnya, Simak 5 Fakta Menarik Novel Bumi Manusia yang Wajib Kamu Ketahui

Tim Pikiran Rakyat
SALAH satu adegan di film Bumi Manusia.*/DOK. YOU TUBE
SALAH satu adegan di film Bumi Manusia.*/DOK. YOU TUBE

IQBAAL Ramadhan. Wah dijamin sebagian besar Sobat Belia pasti sudah kenal dengan nama sang aktor ini. Sudah tahu film terbaru yang akan diperankan Iqbaal belum? Iqbaal dijadwalkan kembali membintangi film berjudul Bumi Manusia. Judul film yang satu ini sudah menjadi trending topic di You Tube beberapa hari yang lalu, dan pasti sudah menjadi obrolan terhangat di kalangan sobat muda.

Film Bumi Manusia ini merupakan film garapan sutradara Hanung Bramantyo yang dijadwalkan akan tayang pada 15 Agustus 2019 nanti. Film ini diadaptasi dari sebuah novel yang juga berjudul Bumi Manusia karya sastrawan Pramoedya Ananta Toer. Sebelum menonton filmnya, yuk kita simak fakta-fakta menarik tentang Novel Bumi Manusia!

SALAH satu adegan di film Bumi Manusia.*/DOK. YOU TUBE

Bumi Manusia Merupakan Salah Satu Novel Tetralogi Buru

Tetralogi Buru merupakan nama dari empat novel karya sastrawan andal Indonesia, Pramoedya Ananta Toer, yang ditulis saat ia meringkuk di kamp kerja paksa Pulau Buru. Novel ini terbit dari tahun 1980 hingga 1988 serta dilarang peredarannya oleh Jaksa Agung Indonesia selama beberapa masa. 

Pramoedya ditahan karena dianggap berhaluan kiri dan pentolan Lembaga Kesenian Masyarakat (Lekra) yang dekat dengan PKI saat rezim Orde Baru Soeharto tanpa pernah diadili. Tetralogi Buru ini mempunyai empat serial roman yaitu Bumi Manusia, lalu Anak Semua Bangsa, Jejak Langkah, dan Rumah Kaca. 

Novel Bumi Manusia Pernah Dicekal

Novel ini pernah dicekal pada tahun 1981 oleh Jaksa Agung karena dianggap mengandung ajaran Leninisme dan Marxisme. Namun buku ini malah melegenda di dalam dan luar negeri.

NOVEL Bumi Manusia.*/DOK. YOU TUBE

Diterjemahkan dalam 33 Bahasa

Karena hebatnya isi dari novel ini, tidak heran jika sampai diterjemahkan ke 33 bahasa. Karena Bung Pram (sapaan akrab Pramoedya Ananta Toer) menggambarkan Indonesia di era penjejahan sangat nyata dan menarik.

Minke dan Nyai Ontosoroh, Tokoh Sentral

Minke adalah tokoh sentral di film ini, Minke merupakan sosok nyata yang terinspirasi dari Tirto Adhi Soerjo, pendiri surat kabar berbahasa Melayu pertama, yaitu Medan Prijaji. Pada tahun 1973 ia mendapatkan predikat Bapak Pers Nasional. Sedangkan Nyai Ontosoroh adalah perempuan pribumi yang cerdas, ulet, dan pinter. Nyai Ontosoroh cocok dijadiin panutan buat perempuan-perempuan sekarang. Namun, kehidupan Nyai Ontosoroh tidak seberuntung perempuan lainnya. Ia dijual ayahnya demi kenaikan pangkat.

Bukan Cerita Cinta Belaka

Nah ini yang perlu digaris bawahi sama Sobat Belia, pasti banyak masyarakat terutama remaja saat ini hanya menilai kisah percintaan Minke dan Annelies Mellema. Padahal, Bumi Manusia merupakan babak baru Indonesia, digambarkan pada tokoh Minke, pemuda terpelajar (pemuda modern) memerangi asal-usulnya yang masih tertanam dalam tradisi kuno dan tak gentar menentang Belanda. Inilah awal mula babak baru pada Indonesia.

Itulah beberapa fakta menarik mengenai novel Bumi Manusia. Tidak salah kalau sebelum ditayangkan filmnya, Sobat Belia membaca dulu novelnya agar tidak salah mengartikan pesan yang ingin disampaikan pada film tersebut.(JT-Alvin Aditya)***

Bagikan: