Pikiran Rakyat
USD Jual 14.130,00 Beli 13.830,00 | Sebagian cerah, 27.1 ° C

[BELIA] Rich Brian, Rapper Muda Indonesia yang Go International

Tim Pikiran Rakyat
RICH Brian.*/DOK. TWITTER
RICH Brian.*/DOK. TWITTER

HALO, sobat Belia! Kalian suka mendengarkan musik? Musik mempunyai banyak genre mulai dari; rock, pop, kemudian folk, hip hop, dangdut dan masih banyak lagi. Sobat belia sudah pernah mendengar nama Rich Brian? Beberapa hari yang lalu ia diundang Bapak Jokowi (Presiden RI) ke Istana Bogor karena prestasinya di dunia musik. Yuk, kita kenali lebih dalam Rich Brian, sang rapper asal Indonesia yang sudah berkancah di industri musik dunia.

Rich Brian adalah anak muda berbakat dan berprestasi di dunia musik genre hip hop. Ia merupakan artis pertama Asia yang berada di posisi pertama di iTunes untuk musik hip hop. Sebelum dikenal dengan nama Rich Brian, ia mempunyai nama artis Rich Chigga. Pada penesaran enggak, kenapa dia mengganti namanya?

Jadi Rich Brian mengganti namanya beralasan bahwa nama belakang Chigga mempunyai makna yang rasis terhadap orang berkulit hitam, khususnya di negara Afrika. Nama asli Rich Brian adalah Brian Imanuel Soewarno, lahir di Jakarta, 3 September 1999. Ia mengawali kariernya melalui media sosial pada tahun 2010. Awal mula berkarier dia tidak langsung jadi rapper, tetapi dia sering mengirimkan video komedi berbau budaya Amerika. Menariknya lagi Rich Brian belajar bahasa inggris secara otodidak melalui Youtube.

Ia sering mendengar lagu-lagu hip hop dan menyukai musik hip hop serta memanfaatkannya sebagai sarana belajar berbahasa inggris.Sangat menginspirasi bukan? Jadi media sosial bukan hanya untuk mainan atau hiburan saja. Tapi di sisi lain media sosial juga dapat dipakai untuk sarana edukasi.

Rich Brian adalah anak terakhir dari empat saudara. Kedua orangtuanya banyak menghabiskan waktu di kafe yang mereka kelola. Karena kesibukan kedua orangtuanya Rich Brian menempuh pendidikan melalui homeshcooling.

Sosok Brian (sapaan Rich Brian) merupakan orang yang suka menyendiri. Ia lebih suka bermain rubik, daripada bersosialisasi. Pada tahun 2015  ia merilis single debutnya yang berjudul “Living the Dream”. Selanjutnya pada tahun 2016 Brian mengeluarkan single keduanya “Dat $tick”.Singel Dat $tick ini berhasil menjadi lagu yang didengar dan disukai banyak orang, bukan hanya di Indonesia saja tetapi juga di luar negeri.

Patut menjadi inspirasi, Brian sangat bangga sebagai orang Indonesia. Buktinya ditengah kariernya yang melejit, saat dia ditanya mengenai asal-usulnya, Brian menjawab dengan bangga kalau dia adalah Indonesia keturunan Tiongkok. Karena kehebatannya dalam nge-rap, Brian berkesempatan menggelar tur di Amerika. Untuk saat ini Brian tinggal di Los Angeles, Amerika Serikat. Terlebih dia sudah mendapat kontrak bersama 88rising, label musik yang banyak mempopulerkan artis dari Asia.

"Yellow"

Bukan hanya tur musik, Brian juga diundang di acara “Late Late Show” milik James Corden yang merupakan sebuah talkshow terpopuler di Amerika. Hal tersebut berkat kecemerlangan Brian dalam bermusik dan menghasilkan album “Amen” yang dinobatkan menjadi album terbaik.

Brian juga masuk ke daftar 30 Under 30 Forbes, sosok muda yang terkenal dan menginspirasi. Forbes merupakan sebuah media berbentuk majalah bisnis finansial Amerika Serikat.

Baru-baru ini Brian mengeluarkan lagu sekaligus video klip baru berjudul “Yellow” hasil duetnya dengan Bekon. Kalau penasaran dengan lagu-lagunya Brian, sobat Belia boleh cek di kanal You Tube. 

So, sobat Belia, apakah Rich Brian pantas diacungi dua jempol? Tentunya ia pantas dijadikan tokoh inspiratif muda untuk semua sobat Belia. (JT-Alvin Aditya S)

Bagikan: