Pikiran Rakyat
USD Jual 14.393,00 Beli 14.093,00 | Sebagian berawan, 23.3 ° C

[BELIA] Museum-museum Asyik di Indonesia

Tim Pikiran Rakyat
NAPAK tilas memeringati Bandung Lautan Api diikuti peserta yang menyusuri empat lokasi penting dalam sejarah, pada Minggu, 24 Maret 2019. Rangkaian kegiatan Hari Bandung Lautan Api setiap tahunnya rutin diselenggarakan pengelola Museum Perjuangan Rakyat Jawa Barat bersama komunitas kesejarahan dan para pelajar.*/RETNO HERIYANTO/PR
NAPAK tilas memeringati Bandung Lautan Api diikuti peserta yang menyusuri empat lokasi penting dalam sejarah, pada Minggu, 24 Maret 2019. Rangkaian kegiatan Hari Bandung Lautan Api setiap tahunnya rutin diselenggarakan pengelola Museum Perjuangan Rakyat Jawa Barat bersama komunitas kesejarahan dan para pelajar.*/RETNO HERIYANTO/PR

SOBAT Belia suka dan sering pergi ke museum gak nih? Kali ini belia mau ngasih tau kalian beberpa museum asyik yang ada di Indonesia. Nah, sebelum memutuskan untuk langsung berangkat, kalian bisa nih cek dulu websitenya museum-museum yang mau didatengin. Yuk, langsung aja ini dia website-websitenya….

Museum Geologi, Bandung - http://museum.geology.esdm.go.id/

Museum Geologi ini berada di Jalan Diponegoro, Bandung nih gengs. Di dalemnya, dikelola materi-materi geologi, misalnya fosil, batuan, dan mineral. Materi-materi tersebut udah dikumpulkan sejak tahun 1850 loh. Nah, di websitenya, ngga hanya ada sejarah dari museum ini, tapi juga ada artikel-artikel yang pastinya nambah pengetahuan sobat belia.

Museum Konferensi Asia Afrika, Bandung - http://asianafricanmuseum.org

Museum yang diresmikan pada 24 April 1980 ini berisi peninggalan-peninggalan dan informasi yang berkaitan dengan Koferensi Asia Afrika, termasuk latar-belakang, perkembangan konferensi tersebut, sosial budaya, dan peran bangsa-bangsa Asia Afrika khususnya bangsa Indonesia dalam percaturan politik dan kehidupan nyata. Nah, di websitenya, disajikan juga artikel-artikel terkait museum ini, informasi mengenai perpustkaan Museum KAA ini, informasi mengenai reservasi museum, serta yang paling keren nih, ada virtual tour ke museum ini, wah canggih betul!

Museum Nasional, Jakarta - https://www.museumnasional.or.id/

Museum yang ada di Jakarta ini berisikan benda-benda atau informasi dalam bidang seni dan ilmu pengetahuna, lengkap banget deh! Museum ini dikenal juga dengan nama Museum Gajah, karena di halaman depan museum ini terdapat sejumlah patung gajah perunggu. Di dalem museum ini juga terdapat banyak arca yang berasal dari berbagai periode. Nah, sama seperti Museum KAA, di website museum nasional ini pun ada visual tournya! Wih!

Museum Kepresidenan, Bogor - http://museumkepresidenan.indonesiaheritage.org/

Sama seperti namanya, museum ini berisi peniggalan koleksi dari presiden-presiden Indonesia. Begitu websitenya dibuka, sobat belia bakal langsung menemukan virtual tour dari museum ini. Gak hanya virtual tour, website dari museum kepresidenan juga menyediakan banyak informasi acara dan lomba yang diberikan atau diselenggarakan di museum ini.

Museum Angkut, Batu - https://jtp.id/museumangkut/

Museum ini merupakan museum transportasi sekaligus tempat wisata modern yang ada di Jawa Timur. Kalau sobat belia ingin jalan jalan ke tempat-tempat keren di berbagai negara dalam waktu sehari aja, kalian bisa dateng ke sini, soalnya di dalemnya banyak juga tiruan-tiruan dari berbagai tempat keren di dunia. Kalau mau tau lebih banyak ada apa aja di museum ini, bisa banget langsung cek websitenya! ***

[email protected]

 

Bagikan: