Pikiran Rakyat
USD Jual 14.393,00 Beli 14.093,00 | Sebagian berawan, 21.9 ° C

[BELIA] Aksi Bijaksana Bermedia Melalui Seni Peran

Tim Pikiran Rakyat
PENAMPILAN kabaret dalam gelaran Mediact 2019.*/LUPI YULIANTI
PENAMPILAN kabaret dalam gelaran Mediact 2019.*/LUPI YULIANTI

EVENT kabaret emang jadi salah satu event bergengsi di Bandung, utamanya di kalangan siswa setingkat SMP dan SMA. Makanya nih, Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, masukin lomba kabaret ke dalam salah satu rangkaian acara Mediact 2019. Oh iya, sebenernya lomba kabaret ini udah diadain sejak tahun 2013 dengan nama Lomba Kabaret Ilmu Komunikasi atau lebih dikenal dengan Lokasi. Seseru apa sih lomba kabaret tahun ini? Simak kuy...

Tanggal 23 Maret 2019, jadi hari yang mendebarkan buat para siswa aktris dan aktor yang ikut serta dalam kompetisi kabaret Mediact 2019. Acara ini dilaksanakan di Gedung Teater Tertutup Dago Tea House, Bandung. Membawa tema “Peran Media untuk Kesatuan Bangsa”, mereka diuji untuk mempersembahkan kreativitas melalui cerita yang menyampaikan pentingnya bijak dalam mengonsumsi media dan juga pentingnya persatuan dalam bangsa. Gak cuma dari segi cerita aja, tentunya mereka juga diuji untuk menampilkannya dalam kabaret dengan wardrobe dan properti yang kreatif dan tentunya sesuai dengan jalan cerita.

Dalam kompetisi kali ini, ada sebanyak 10 tim yang ikut serta dalam lomba kabaret. Sebelumya, lomba kabaret ini diadakan hanya untuk siswa Bandung saja, tapi, untuk tahun ini diperluas menjadi se-Jawa Barat. “Tahun ini, pesertanya lebih banyak dari tahun kemarin. Kalau tahun kemarin cuma delapan tim. Mungkin karena wilayahnya diperluas juga se-Jawa Barat. Jadi ada yang dari luar Kota Bandung juga,” jelas Nurul Fara, selaku Ketua Pelaksana.

Penampilan 10 tim membuat aula gedung sangat meriah. Para penonton sangat antusias menunggu penampilan mereka. Ada yang dateng sengaja buat dukung sekolahnya dan ada juga yang cuma pengin nonton aja. Mereka berteriak bersautan saat tim jagoannya tampil.

Oh iya, kalau kalian dateng pasti pada tahu dong kalau kreativitas ke-10 tim keren parah. Gak cuma ceritanya yang bikin penonton larut tapi juga wardrobe dan properti yang dirancang sedemikian rupa, jangan lupa juga musik dan lampu yang bikin penampilan mereka makin keren. belia juga kagum terus serasa banyak banget dapat pesan dari masing-masing cerita yang disampein.

Oh iya, pemenang lomba ini gak cuma sebatas dari pemenang umum saja tapi ada banyak nominasi yang bakal mereka dapetin kayak best actor, best actrees, best property, dan lain sebagainya. Pemenang lomba akan diumumkan dalam acara puncak Mediact 2019 tanggal 30 Maret nanti di Lapangan Gelanggang UPI. Di sana juga bakal diumumin lomba pra-event lain seperti lomba fotografi, esai, dan short movie yang sebelumnya dikompetisikan untuk usia 17-23 tahun se-Indonesia.

Membahas tentang Mediact 2019, acara ini terinsprirasi dari mata kuliah Media Literasi di jurusan Ilmu Komunikasi UPI. Dari sini, para panitia terinspirasi untuk membuat Festival Musik yang gak cuma seneng-seneng aja. Tapi juga bisa ngedukasi dan ngasih pesan tentang pentingnya bijaksana dalam menggunakan media. Akhirnya, terciptalah Mediact 2019.

“Namanya, Mediact, karena berkaitan dengan aksi. Ini tahun pertama kami ngadain acara ini. Kami juga bawa tagline ‘act your acts through media’ dengan ini kami berharap biar masyarakat gak gampang ke makan hoaks atau ujaran kebencian. Kan emang lagi sering banget kejadian apalagi di media sosial,” tutur Nurul.

Ke depannya, Nurul berharap Mediact tetap ada dengan inovasi dan ide-ide barunya. Terus orang-orang bisa mengambil esesnsi dan kesan dari acara yang diadain sama panitia Mediact. FYI, buat kalian yang kepo sama festival musik atau acara puncak Mediact 2019, sok langsung aja kepoin Ig-nya. Udah ada daftar line up yang bakal tampil lho. ***

[email protected]

Bagikan: