Pikiran Rakyat
USD Jual 14.605,00 Beli 14.305,00 | Sebagian berawan, 26.3 ° C

[BELIA] SMP Islam Cendekia Cianjur: Siap Berprestasi hingga Level Internasional

Tim Pikiran Rakyat
SMP Islam Cendikia Cianjur berprestasi di ajang internasional Malaysia Technology Expo.*/DOK.
SMP Islam Cendikia Cianjur berprestasi di ajang internasional Malaysia Technology Expo.*/DOK.

PRESTASI pelajar Indonesia kembali bergema di kompetisi internasional. Di ajang Malaysia Technology Expo (MTE) 2019 lalu, salah seorang siswa dari SMP Islam Cendekia Cianjur (SICC) berhasil menyabet medali perunggu kategori Junior Invention and Innovation.

MTE merupakan ajang pameran dan presentasi karya inovatif yang diselenggarakan pada 21-23 Februari 2019 di Putra World Trade Centre, Kuala Lumpur Malaysia, yang diikuti 500 peserta dari 26 negara. Indonesia mengirimkan beberapa tim dari berbagai daerah dan jenjang sekolah seperti SMP, SMA, dan universitas termasuk SICC sebagai salah satu perwakilannya.

Pada ajang MTE 2019 kali ini menggagas tema Asia’s Inventions and Innovations Marketplace. Tim SICC yang beranggotakan 5 orang yaitu M. Al-Darrel, Dafa Wardana, M. Hafid Arrasyid, Aqilah Salma, dan Wanda Nurhidayah membuat sebuah karya yang berjudul Utilization of Imperata Cylindrica as Alternative Environmental Friendly Material for Whiteboard Marker Ink Refill.

“Penelitian eksperimen ini mengenai pembuatan tinta ramah lingkungan dari ilalang. Tujuannya untuk mencari bahan alternatif tinta spidol yang aman dan ramah lingkungan karena ternyata tinta spidol yang selama ini digunakan mengandung bahan kimia xylen yang berpotensi memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan. Selain itu, dengan adanya penelitian ini kita jadi tahu manfaat ilalang yang biasanya diabaikan karena jadi gulma,” tutur M. Al-Darrel.

Wanda Nurhidayah juga menambahkan semoga hasil penelitian ini dapat berguna bagi masyarakat dan bisa dilanjutkan untuk mencari pigmen tinta warna lain seperti merah, biru, dan lainnya karena penelitian yang sekarang hanya menghasilkan pigmen tinta warna hitam.

Meraih prestasi internasional

Tak hanya di ajang MTE 2019, SICC juga punya prestasi di tingkat internasional lainnya. Sebelum MTE, temen-temen dari SICC berpartisipasi dalam gelaran The 2nd Phatthalung & PCCST International Science Fair 2019  pada tanggal 14-19 Januari 2019 di Thailand.

Geng SICC berhasil meraih medali dalam tiap kategori lomba tersebut, yakni Gold Medal Spelling Bee (Nikia Zahra), Gold Medal Poster Color Drawing (Rizki Yazaid), Silver Medal Math Competition (Hanif Fakhri Pratama), dan Bronze Medal Math Competition (Ahda Naila Andini). Kewl!

Senyum bangga terpancar dari para pelajar SICC saat menerima medali penghargaan itu. “Alhamdulillah senang sekali bisa mendapatkan medali ini, bisa membanggakan orang tua dan sekolah. Akhirnya persiapan kita selama berbulan-bulan kemarin membuahkan hasil yang memuaskan. Semoga ke depannya bisa berprestasi lebih baik lagi,” ungkap Nikia Zahra.

Selain prestasi di Thailand, tahun 2019 ini SICC berhasil mendapatkan prestasi Consolation Prize Winner oleh Naufal Rizqullah Firdaus dalam ajang India NexSchool Lil Bloggers Contest 2019 pada Rabu, 30 Januari 2019.

Melebarkan sayap ke tingkat internasional

Tentunya prestasi ini bikin pihak sekolah semakin semangat untuk mengembangkan kualitas pengajar dan terus memberi dukungan positif untuk para siswanya supaya bisa terus berprestasi di lomba-lomba tingkat nasional dan internasional. 

 “Lembaga kita (SICC) bertujuan untuk menjadi lembaga yang berkualitas tidak hanya di nasional. Salah satu indikator pembelajaran kita berkualitas, anak-anak kita harus berprestasi di level internasional,” ujar Dera Nugraha, Kepala SMP Islam Cendekia Cianjur.

Beliau menuturkan di samping ingin menjadi sekolah Islam yang berkualitas, juga ingin SICC menjadi sekolah yang sadar dan peduli terhadap isu global. Oleh karena itulah  SICC menjalin kerja sama dengan sekolah di luar negeri yaitu Sekolah Menengah Sains Muar Malaysia, Sekolah Menengah Kebangsaan Tun Perak Malaysia, dan terbentuknya sister school antara SICC dengan sekolah di Thailand. 

Next, SICC akan terus giat berusaha meraih prestasi internasional. Ajang selanjutkan yang akan diikuti oleh SICC yaitu International Science and Invention Fair (ISIF) 2019 pada 21-25 Juni 2019 di Bali, ajang Japan Design, Idea and Invention Expo (JDIE) 2019 di Jepang, dan ajang International Young Scientist Innovation Exhibition (IYSIE) 2019 di Malaysia. Wow, goodluck ya! ***

(Ditulis oleh Vera Herawati)

Bagikan: