Pikiran Rakyat
USD Jual 14.328,00 Beli 14.028,00 | Umumnya berawan, 23.9 ° C

[BELIA] Yura Yunita: Ciptakan Energi Positif dari Hati Melalui Karya

Tim Pikiran Rakyat
YURA Yunita.*/DOK.
YURA Yunita.*/DOK.

BANDUNG emang gak pernah kehabisan orang-orang hebat. Banyak banget  public figure asal Bandung yang sukses menerbangkan mimpinya hingga mampu membawa nama baik untuk kampung halamannya. Seperti musisi muda yang satu ini, yups Yura Yunita. Yura yang lahir di Bandung, 9 Juni 1991, baru aja ngerampungin projek konser album keduanya di Bandung.

Diakuinya, konser ini merupakan mimpinya sejak bertahun-tahun lamanya, ia ingin kembali ke Bandung, bernostalgia, dan bercerita secara intim bersama penggemar dan sahabat terdekat di konsernya.

Karir Yura di blantika musik Indonesia dimulai pada tahun 2014. Saat itu, ia berumur 23 tahun dan sudah menjadi duta portal Musik Bagus Indonesia yang dibuat oleh Glenn Fredly. Glenn juga menjadi salah satu orang yang membantu pembuatan album pertama Yura. Perjalanan karir Yura memang bisa dibilang sangat baik, dilansir dari portal berita viva, albumnya yang bertajuk “Yura” terpilih menjadi enam besar album Indonesia terbaik menurut Rolling Stones Indonesia.

Ia juga menjadi kandidat Best Female Singer versi HAI Magazine. Setelah itu, karir Yura semakin cemerlang dengan keluarnya single ”Cinta dan Rahasia” featuring Glen Fredly. Lagu itu, sukses memuncaki berbagai tangga lagu dan menaikkan nama seorang Yura Yunita.

Kisah Yura emang gak selalu mulus, ia pernah bercerita dalam sebuah feed di akun Instagram @proud.project, bahwa ia pernah ditolak karena katanya memiliki fisik yang tidak menjual. “Dulu pernah ada orang industri yang underestimate aku. Katanya suaraku bagus banget tapi fisikku nggak menjual sebagai penyanyi. 'Penyanyi itu harus punya badan tinggi semampai!'," ceritanya.

Terus, Yura juga cerita pernah ngalamin, kejadian kayak di film-film, yang dia harus nyanyi di belakang panggung. Sementara ada orang di depan panggung lipsync gunain suara Yura. Namun, menyerah bukanlah pilihan Yura. Pelantun “Merakit” ini percaya, bahwa bernyanyi itu asalnya dari hati, bukan hanya sekadar fisik. “Asalkan punya niat baik, kamu jujur dan selalu berkarya dari hati, semesta pasti mendukung,” ceritanya lagi.

Libatkan anak disabilitas

Nah guys, tahu dong, sampai sekarang Yura masih terus berkarya dan menciptakan lagu dengan lirik-lirik yang sangat menyentuh. Terbukti di album keduanya “Merakit” yang mendapat banyak dukungan lewat karyanya yang terinspirasi dari anak disabilitas. Dari album ini, Yura ingin membantu menyediakan ruang kecil untuk mereka agar bisa berekspresi.

Ia melibatkan anak Yayasan Tuna Netra Wiyata Guna dalam lagu “Merakit”. Begitu pun saat konser, momen haru disuguhkan saat anak-anak tersebut ikut tampil di panggung bersama Yura. Salah satu pesan Yura, yang diambil selama pembuatan album “Merakit” adalah keterbatasan tidak akan menghalangi setiap mimpi-mimpi kita.

Dukungan musik terhadap  juga ditunjukkan Dedi Suherman, selaku Direktur Utama PT Melon Indonesia dan Langitmusik, ia bilang sangat kagum dengan energi luar biasa dari Yura untuk mengangkat musik Indonesia. Di sisi lain Yura juga menjadi salah satu musisi yang berhasil membawa karya dan albumnya sendiri.

“Musisi dan artis Indonesia, sudah waktunya menang di negara sendiri. Yura salah satu musisi yang memiliki niat dan totalitas dalam mempersiapkan konsernya. Ia sangat bersungguh-sungguh ingin menyampaikan pesan dalam karyanya,” jelasnya dalam konferensi pers Konser “Yura Merakit”.

Ke depannya, Yura berharap selalu bisa memberikan nuansa positif dalam fase apapun itu, sekalipun dalam fase terburuk. “Percayalah Tuhan dan semesta akan terus membantu dan mendukung menjawab semua mumpi kita,” ujarnya. Ia juga berharap Konser intim Yura Merakit dapat dilaksanakan di kota-kota lain setelah Bandung.

FYI, kalian harus tahu, Yura juga berhasil menyabet penghargaan AMI Awards dua tahun berturut-turut dalam kategori Penyanyi Wanita Terbaik (2017 dan 2018) serta Pencipta Lagu Terbaik (2017). Yura juga dinobatkan sebagai satu dari 99 perempuan yang menginspirasi di Indonesia. Wahh, sukses terus ya, buat Yura!***

Lupiy22@gmail.com

 

Bagikan: