Pikiran Rakyat
USD Jual 14.286,00 Beli 13.986,00 | Hujan petir singkat, 22.6 ° C

[BELIA] Semua Murid Semua Guru: Gotong Royong Dalam Pendidikan

Tim Pikiran Rakyat
DISKUSI Memahami literasi di lo.ka.si Bandung, (9/3/2019).*/REGINA HERIYADI
DISKUSI Memahami literasi di lo.ka.si Bandung, (9/3/2019).*/REGINA HERIYADI

DISKUSI mengenai literasi baru aja diadain pada 9 Maret 2019 yang dilaksanakan oleh Semua Murid Semua Guru mengenai literasi di Lo.ka.si., yang berada di Jalan Ir. H. Juanda, Bandung. Semua Murid Semua Guru atau SMSG ini adalah jaringan publik berdaya yang belajar, bergerak, dan bermakna bersama karena pendidikan adalah tanggung jawab bersama. SMSG hadir untuk meningkatkan keberdayaan publik dengan melakukan kampanye ke publik mengenai isu pendidikan dan melakukan jaringan komunitas dan organisasi pendidikan. 

Nah, acara ini punya tema yakni ngariung pendidikan Jabar, yang memang diikuti komunitas dan organisasi pendidikan Jabar. Ada 2 hal yang dilakukan dalam ngariung pendidikan Jabar ini, yakni Ngobrol Publik dan Ngopi Bareng. Dalam Ngobrol Publik, ada diskusi dengan tema “Literasi: Bukan Sekedar Baca Tulis”.

Sesi Ngobrol Publik ini menghadirkan Puti Ceniza (Pustakalana), M. Ginanjar Eka Arli (BooktubeID), M. Zaenuri Arif (Mata Ilmu), dan Roswita Amelinda (AngklungKita). Mereka juga sharing yang tentang inovasi yang terjadi di masing-masing komunitas. Nggak cuma pembicara aja yang nyeritain inovasinya, tapi peserta yang hadir juga bisa bercerita mengenai inovasinya.

Kalo Ngopi Bareng ini adalah sebuah program kirim budi, peserta yang hadir mengcopy 800 video ke dalam flashdisk yang udah disediain sama panitia. “Program gerakan mengirimkan 10.000 flashdisk ke anak-anak di daerah pelosok yang tidak tersentuh internet,” jelas Dita.

Menurut Dita lagi, literasi itu penting untuk menentukan masa depan yang terstruktur buat para milenial. “Literasi itu adalah bicara tentang pemahaman yang komperhensif, dan pemahaman komperhensif itu digunakan untuk kemampuan dasar dalam hidup,” tutupnya.***

Reginaheryadi.rh@gmail.com

Bagikan: