Pikiran Rakyat
USD Jual 14.286,00 Beli 13.986,00 | Hujan petir singkat, 22.6 ° C

[BELIA] Lomastafar: Asah Kemampuan Dasar Sejak Dini

Tim Pikiran Rakyat
LOMASTAFAR.*/REGINA HERIYADI
LOMASTAFAR.*/REGINA HERIYADI

KAKAK-kakak dari Fakultas MIPA Unisba, 9 Maret 2019 baru aja ngadain acara Lomastafar 20. Lomastafar adalah lomba nalar matematika, statistika, dan farmasi. Lomastafar dilaksanakan untuk ke-20 kalinya, yang pertama diadakan tahun 1982. Selama enam tahun ke belakang, Lomastafar ini rutin diadakan tiap tahunnya. 

Tahun ini  Lomastafar punya perbedaan dibanding sebelumnya, yakni dalam babak penyisihan dilakukan secara online dengan mengerjakan soal di rumah masing-masing. “Tahun ini ada babak penyisihan online diberi waktu 20 menit dengan 12 soal pilihan ganda. Lalu yang lolos ke semi final masuk ke babak essai,” ucap Ibu Nety Kurniaty selaku ketua panitia Lomastafar 20.

Sistem lomba online

Lomastafar memperlombakan matematika, kimia, dan biologi untuk siswa SMA se-Jawa Barat. Sekolah yang masuk ke semi final sebanyak 19 tim dari 12 sekolah. 19 tim tersebut dari berbagai daerah seperti Cianjur, Tasikmalaya, Bandung, Padalarang. Penggunaan sistem online dalam babak penyisihan ini menurut Ibu Nety, sebagai pemanfaatan teknologi agar dapat menjangkau siswa yang jauh.

Nggak cuma lomba nalar matematika, kimia, dan biologi. Ada juga perlombaan paduan suara yang emang siswa yang mengikuti cukup antusias. Siswa yang menang dalam Lomastafar maupun paduan suara mendapatkan uang tunai, mendapatkan jalur PMDK masuk UNISBA, dan untuk juara 1 Lomastafar mendapatkan 2 piala, yakni piala bergilir mendikbud dan piala tetap gubernur. Untuk juara 1 lomba paduan suara mendapatkan 2 piala, piala dirjendikti dan piala tetap rektor.

Ini dia pemenang Lomastafar 20: juara 1 SMA Alfa Centauri, juara 2 SMA Kristen Santo Aloysius 1, juara 3 SMA Taruna Bakti, dan juara 4 SMAN 2 Bandung. Untuk lomba paduan suara, juara 1 dimenangkan oleh SMAN 1 Baleendah, juara 2 SMAN 22 Bandung, juara 3 SMAN 8 Bandung, dan juara 4 SMAN 21 Bandung.***

Reginaheryadi.rh@gmail.com

Bagikan: