Pikiran Rakyat
USD Jual 14.089,00 Beli 14.187,00 | Umumnya berawan, 29 ° C

[BELIA] Tradisi Unik Ulang Tahun di Mancanegara

Tim Pikiran Rakyat
HBD.*/PEXELS.COM
HBD.*/PEXELS.COM

MOMEN ulang tahun memang selalu punya kesan tersendiri bagi setiap orang. Selain, memperingati hari lahir kita, momen ulang tahun menjadi sebuah harapan untuk setiap orang agar menjadi lebih baik. Makanya, banyak banget tradisi yang dilakukan agar momen ulang tahun itu bisa sesuai harapan dan tentunya tak terlupakan.

Nah, mumpung momennya lagi dapet banget karena lagi ulang tahun, belia mau share ke kalian tradisi atau kebiasaan yang sering orang-orang lakuin saat ulang tahun di berbagai belahan dunia. Kalau di Indonesia kan udah pada tahu tuh perayaannya, kita simak dari negara lain yuk! Apa sih yang sering mereka lakukan saat ulang tahun, cekidot..

1.    Amerika Serikat

Kalau di Indonesia kue ulang tahun akan dipotong dan dibagiin ke temen-temen yang ikut ngerayain ulang tahun, Amerika Serikat punya hal unik terkait kue ulang tahun. Smash Cake, yups, tradisi ini menharuskan orang yang ulang tahun untuk menghancurkan kuenya. Oh iya, selain itu, mereka juga harus membuat kue ulang tahun berantakan.

Biasanya, tradisi ini dilakukan oleh anak-anak. Namun, gak jarang banyak juga dilakukan oleh orang dewasa. Nah, setelah tradisi ngeberantakin kue dilaksanakan, kue tersebut harus dimakan sama orang yang lagi ulang tahun sampai belepotan.

2.    Korea Selatan

Tradisi ulang tahun di Korea Selatan, lebih mirip dengan syukuran dan dilaksanakan secara sederhana. Orang yang lagi ulang tahun bakal dibikinin sup rumput laut atau miyeokguki oleh keluarga atau temen-temen deketnya. Miyeokguki ini kalau dibandingin sama Indonesia, sama halnya kayak kue ulang tahun. Sambil menyantap sup rumput laut biasanya orang yang ulang tahun akan diiringi ucapan taeona jwosogomawoyo, yang artinya “terima kasih sudah lahir di dunia ini”. Tradisi ini sudah berlangsung turun temuurun, tak hanya itu, sebagian orang Korea juga masih menggunakan kalender matahari untuk merayakan hari ulang tahunnya.

3.    Meksiko

Pinata merupakan tradisi ulang tahun yang khas di Mexico. Pinata merupakan kerajinan berupa kotak yang dibentuk menyerupai binatang dan terbuat dari kertas. Pinata akan diisi dengan permen atau kejutan-kejutan lain di dalamnya. Saat perayaan ulang tahun tiba, pinata biasanya akan digantung di pohon atau atap rumah. Orang yang sedang berulang tahun akan memukul keras Pinata sampai pecah. Permen dan hadiah di dalamnya akan dinikmati bersama oleh orang-orang yang hadir dalam perayaan ulang tahun. Kalau di Indonesia mirip-mirip kayak tusuk balon, cuma kan kalau tusuk balon perorangan dan dilakukan oleh tamu undangan.

4.    India

Sebagian orang percaya potong rambut dapat membuang hal buruk atau kesialan dalam diri manusia. Nah, tradisi ini ternyata bener-bener dilaksanain lho di India. Memotong atau memangkas rambut merupakan salah satu tradisi Hindu yang dilakukan saat perayaan ulang tahun. Hal ini dilakukan untuk menjauhkan roh-roh jahat dari masa lalu. Selain itu, memotong rambut juga disimbolkan lahirnya jiwa yang baru. Lalu, di samping memotong rambut, anak-anak di India juga akan menggunakan pakaian berwarna-warni dan membagikan makanan pada temannya.

5.      Italia

Satu lagi nih, tradisi ulang tahun yang unik tapi agak nyebelin. Pasalnya, orang yang ulang tahun di Italia harus dijewer telinganya sebanyak jumlah umurnya berulang tahun. Jadi kalau kamu ulang tahun ke-17 ya kamu bakalan dijewer sebanyak itu. Gak cuma di Italia lho, Hungaria juga punya tradisi jewer telinga orang yang lagi ulang tahun, tapi bedanya kalau orang Hungaria menjewer telinga yang lagi ulang tahun sekali aja sambil bisikin doa dan harapan buat yang lagi ulang tahun. jadi kalau doanya panjang, jewernya pun bakalan makin lama. Ada-ada aja ya? ***

[email protected]

Bagikan: