Pikiran Rakyat
USD Jual 14.007,00 Beli 14.105,00 | Umumnya berawan, 27.3 ° C

[BELIA] Review Film: Dilan 1991

Tim Pikiran Rakyat
Dilan 1991/MAX PICTURES
Dilan 1991/MAX PICTURES

Pemain: Iqbaal Ramadhan, Vanesha Prescilla, Ira Wibowo, Happy Salma, Bucek Depp, Yoriko Angeline, Refal Hady, Zulfa Maharani Putri

Sutradara: Pidi Baiq, Fajar Bustomi

Produksi: Max Pictures

Rating: 4/5

KEBAGIAN tiket nonton pas Hari Dilan, 24 Februari 2019 lalu, nggak? Cakep ya, promo yang dilakukan oleh tim promotor film Dilan 1991 ini. Nah, belia nggak mau ketinggalan ikutan Hari Dilan, dong. Makanya, jauh-jauh hari udah berburu tiket bioskop yang pada hari itu serentak dijual dengan harga sepuluh ribu rupiah!

Meski nggak ikutan konvoi bareng cast and crew film Dilan 1991, tapi nggak mengurangi esensi keseruan plus rasa penasaran akan lanjutan dari film yang diangkat dari judul buku yang sama karya Ayah Pidi Baiq ini. 

Film yang resmi tayang mulai Kamis, 28 Februari 2019 ini, dibuka dengan adegan manis Dilan dan Milea yang baru aja meresmikan hubungan mereka. Hari-hari dilalui mereka berdua dengan penuh cinta, pokoknya khas remaja yang kasmaran. 

Eits, tapi dunia nggak sesempurna lagu Andra and The Backbone, lho. Konflik kembali menyergap love birds ini. Apalagi kalau bukan kesalnya Milea pada Dilan karena Dilan masih aja belum mau melepas jabatannya sebagai panglima perang salah satu geng motor di Bandung. Kejadian kan, Dilan dikeroyok sekelompok orang nggak dikenal, lalu Milea ngambek dan bilang ke Dilan untuk nggak ikut-ikut geng motor lagi.

Bukan Dilan namanya kalo dia nggak balas dendam ke orang yang ngeroyoknya. Belakangan, identitas si pengeroyok ketauan, Dilan dan gengnya nyusun strategi untuk balas nyerang. Dapet info ini dari Pian, malem-malem ditemenin Yugo sepupu jauhnya, Milea ngedatengin Dilan dan nyuruh Dilan untuk mengurungkan niatnya, dan ngancem Dilan kalau nggak ngikutin omongannya, Milea minta putus.

Kebayang keselnya Dilan dan emosinya Lia, kan? Ditambah kehadiran Yugo yang keliatan banget naksir Lia, bikin hubungan mereka berdua renggang. Milea menyesal udah ngancem putus, dan pelariannya tertuju ke bundanya Dilan. Curhatlah Lia sama bunda, dan masalah mereka bisa sedikit teratasi.

Namun, masalah lain muncul lagi. Akew, sobatnya Dilan diberitakan meninggal karena dikeroyok geng motor lain. Hubungan mereka berdua pun kembali di ujung tanduk. 

Overall, Dilan 1991 ini -sesuai dengan cerita bukunya, memang lebih gloomy, nggak banyak momen-momen manis Dilan dan Milea seperti di film sebelumnya. Kamu yang udah baca bukunya pasti bisa memprediksi bakal gimana menyikapi kesedihan Lia dan kegalauan Dilan. Tapi tenang, banyak celetukan lucu yang bisa bikin momen sedih saat nonton berganti derai tawa. 

Peran Bucek Depp sebagai ayah Dilan juga jadi salah satu best moment dalam Dilan 1991. Setuju, nggak? ***

[email protected]

 

 

 

Bagikan: