Sempat Dirawat Intensif, Seekor Macan Tutul yang Terluka di Kawah Putih Mati

- 26 Oktober 2020, 16:57 WIB
Ilustrasi Macan tutul yang masuk perangkap: Warga Dusun Cikupa Kabupaten Ciamis Jawa Barat, berhasil menjebak macan tutul dengan perangkap, macan ini turun dari Gunung Sawal ke pemukiman duduga untuk memangsa hewan ternak milik warga. /Pikiran-Rakyat.com/Nurhandoko Wiyoso

PIKIRAN RAKYAT - Setelah mendapatkan perawatan intensif di Kebun Binatang Bandung, seekor macan tutul yang ditemukan terluka di Kawasan Kawah Putih, Rancabali, Kabupaten Bandung pada Jumat 23 Oktober 2020 mati.

Berbagai upaya pun dilakukan oleh tim medis di Kebun Binatang Bandung yang dibantu oleh tim BKSDA Jawa Barat. Namun sayangnya, macan tutul betina tersebut mati pada pagi hari ini, Senin 26 Oktober 2020.

Marcomm Kebun Binatang Bandung (Bandung Zoological Garden), Sulhan Syafii memberikan penjelasan terkait matinya macan tutul tersebut.

Baca Juga: Vladimir Putin Isyaratkan Militer Rusia dan Tiongkok Dapat Bergabung Jadi Lebih Kuat Daripada AS

Ia mengatakan tim dokter sudah melakukan berbagai upaya sejak datangnya satwa bernama latin Panthera Pardus Melas tersebut di Kebun Binatang Bandung pada Jumat kemarin.

"Tim BKSDA Jawa barat, dokter dan keeper bekerja sampai Jumat dini hari untuk menginfus dan memberi antibiotik pada luka macan tutul," ujar Sulhan dalam rilisnya.

Berdasarkan keterangan dari tim dokter Kebun Binatang Bandung, sudah dua infus habis untuk perawatan hewan malang terebut. Kondisi luka yang cukup parah dan sudah bernanah kemungkinan juga trauma yang menyebabkan macan tutul itu tidak bisa bertahan.

Baca Juga: Isi Liburan Panjang yang Aman dengan Staycation, Bisa Isi dengan Kegiatan Menarik Bersama Keluarga

Aan mengungkapkan, pada Sabtu 24 Oktober 2020 sebenarnya macan tutul ini sudah bisa makan dan menghabiskan 1 kilogram hati sapi dan sedikit daging cincang.

Halaman:

Editor: Mitha Paradilla Rayadi

Sumber: PRFM News


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X