Peringati 70 Tahun Perang Korea, Xi Jinping: Rakyat Tiongkok Tak Boleh Dianggap Enteng

- 23 Oktober 2020, 16:11 WIB
Ilustrasi bendera Tiongkok. /Pixabay/SW1994

PIKIRAN RAKYAT - Memperingati 70 tahun Perang Korea, Presiden Tiongkok Xi Jinping mengatakan rakyatnya tidak boleh dianggap enteng.

Dalam pidatonya itu, Xi Jinping juga menekankan Tiongkok tidak akan pernah membiarkan kepentingan kedaulatan, keamanan dan pembangunannya dirusak.

"Biarkan dunia tahu bahwa rakyat Tiongkok sekarang terorganisir, dan tidak boleh dianggap enteng," kata Xi Jinping, mengutip Mao Zedong, bapak pendiri Republik Rakyat Tiongkok, dikutip Pikiran-rakyat.com dari Reuters.

Baca Juga: Eks Pasien Corona Bisa Rasakan Efek Jangka Panjang Covid-19, Berikut Penjelasannya

"Setiap tindakan unilateralisme, monopoli, dan penindasan tidak akan berhasil, dan hanya akan mengarah pada jalan buntu, tambahnya dalam pidato di Aula Besar Rakyat di Beijing, Jumat, 23 Oktober 2020.

Xi berbicara pada peringatan 70 tahun penempatan pasukan Tiongkok ke semenanjung Korea untuk membantu Korea Utara melawan pasukan PBB dan Korea Selatan yang dipimpin Amerika Serikat selama perang 1950-53.

Namun, Xi tidak secara langsung merujuk pada Amerika Serikat saat ini, dimana hubungan dengan semakin tegang di bawah pemerintahan Presiden Donald Trump.

Baca Juga: Jadi Salah Satu Agenda Menlu AS di Indonesia, Mike Pompeo Bakal Hadiri Forum GP Ansor

Dua negara ekonomi terbesar dunia ini telah bentrok karena masalah mulai dari perdagangan, persaingan teknologi dan keamanan hingga hak asasi manusia serta virus corona.

Halaman:

Editor: Agil Hari Santoso

Sumber: Reuters


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X