36 Personel Polresta Bandung Mulai Melekat Sebagai Walpri Paslon di Pilkada

- 23 September 2020, 16:05 WIB
Pelantikan Walpri pasangan calon di Pilkada Kabupaten Bandung.* /Pikiran-Rakyat.com/Handri Handriansyah

PIKIRAN RAKYAT - Kepolisian Resor Kota Bandung menyiapkan 36 personel khusus untuk menjadi pengawal pribadi (walpri) pasangan calon (paslon) Pilkada Kabupaten Bandung. Mereka akan melekat pada paslon sejak resmi ditetapkan oleh KPU hingga akhir tahapan pilkada.

Kapolresta Bandung Komisaris Besar Hendra Kurniawan mengatakan, 36 personel tersebut dibagi menjadi tiga regu. Masing-masing regu beranggotakan 12 personel, melekat pada satu paslon.

"Nantinya setiap regu dibagi dua masing-masing 6 personel. Jadi setiap calon bupati/wakil bupati akan dikawal oleh 6 personel," kata Hendra di Soreang, 23 September 2020.

Baca Juga: Jauh Lebih Rendah dari Indonesia, Singapura Terapkan 5 Kunci Tekan Tingkat Kematian akibat Covid-19

Menurut Hendra, para walpri tersebut merupakan personel-personel khusus yang terlatih dan profesional. Mereka sudah mendapatkan pelatihan khusus cukup lama sebelum tahapan Pilkada dimulai.

Hendra mengakui, semua personel Polri memang sudah terlatih. Namun personel walpri, mendapat pelatihan yang lebih khusus.

"Ada penekanan tentang bagaimana mereka bisa membuat paslon merasa terfasilitasi semua kegiatannya dan bagaimana paslon bisa merasa nyaman. Termasuk bagaimana keselamatan dan keamanan masing-masing paslon," tutur Hendra.

Baca Juga: Tidak Perlu Ke Samsat, Bukti Pajak Kendaraan Bermotor Sekarang Dikirim Ke Rumah

Tak hanya itu, para walpri juga dibekali dengan persenjataan khusus. Soalnya keselamatan pra calon menjadi tanggung jawab mereka sampai waktu pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih periode 2021-2026.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

Kabar Banten

Jual Beli Proyek Bisa Dipidana

30 Oktober 2020, 01:23 WIB
X