Buntut Pemberian Pajero ke Wahid Husein, Penyuap Kalapas Sukamiskin Divonis 1,5 Tahun

- 23 September 2020, 14:38 WIB
Radian Azhar dijatuhi hukuman penjara selama satu tahun dan enam bulan, denda Rp 50 juta subsidair kurungan tiga bulan. /Pikiran-rakyat.com/Yedi Supriadi

PIKIRAN RAKYAT - Penyuap mantan Kalapas Sukamiskin Wahid Husein, Radian Azhar, dijatuhi hukuman penjara selama satu tahun dan enam bulan, denda Rp50 juta subsidair kurungan tiga bulan.

Putusan  sama dengan  tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK, yakni satu tahun dan enam bulan, namun dendanya lebih ringan. 

Hal itu terungkap dalam sidang lanjutan kasus dugaan suap terhadap mantan Kalapas Sukamiskin Wahid Husein, di Pengadilan Tipikor Bandung, Jalan RE Martadinata, Rabu, 23 September 2020.

Baca Juga: Beda dengan Indonesia, di Malaysia Naik Sepeda di Jalan Raya Kena Denda Hingga Rp 700 Ribu

Dalam amar putusannya, Ketua Majelis Dariyanto menyatakan terdakwa Radian Azhar telah terbukti secara sah dan meyakinkan menurut hukum bersalah melakukan tindak pidana korupsi, sebagaimana diatur dalam dakwaan alternatif kedua.

”Menjatuhkan pidana penjara terhadap terdakwa selama satu tahun dan enam bulan, dikurangi masa penahanan, dan denda Rp 50 juta, subsidair kurungan penjara selama tiga bulan,” katanya.

Dalam pertimbangannya hakim menyatakan hal yang memberatkan yang dijadikan pertimbangan, terdakwa tidak mendukung program pemerintah dalam memberantas tindak pidana korupsi dan pernah ditahan. Yang meringankan, terdakwa belum pernah dihukum, bersikap sopan, dan kooperatif.

Baca Juga: Di Sidang Umum PBB, Duterte Teruskan Penumpasan Narkoba hingga Tolak Tiongkok di Laut China Selatan

Atas putusan tersebut JPU KPK, terdakwa dan kuasa hukumnya mengajukan sikap pikir-pikir.

Dalam uraiannya, Dariyanto menyebutkan terdakwa telah memberi atau menjanjikan sesuatu, yaitu satu unit Mitsubishi Pajero Sport Dakkar 4x2 hitam tahun 2018 senilai Rp 517 juta, kepada pegawai negeri sipil.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X