Bukan Dokter, IDI Sebut Kasus Meninggal akibat Covid-19 Justru Lebih Banyak Polisi dan TNI

- 19 September 2020, 16:05 WIB
Ilustrasi pemakaman korban Covid-19, Miris, Tingginya Angka Kematian Covid-19 di Indonesia menenpati urutan 11 dunia satu peringkat di bawah Argentina. /Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/wsj.

PIKIRAN RAKYAT - Ketua Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Daeng M Faqih mengatakan, banyaknya dokter yang gugur akibat Covid-19 harus dijadikan bahan evaluasi. 

Hingga saat ini, ia menyebutkan sebanyak  117 dokter gugur akibat Covid-19.

“Kita tahu memang data terakhir yang saya terima dari mitigasi itu 117 kalau tidak bertambah lagi petugas medis yang lain yang meninggal," ungkap Daeng dalam Webinar Nasional ‘Dokterku Sayang, Dokterku Berjuang’ secara virtual, Sabtu 19 September 2020.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Film Komedi yang Wajid Ditonton, Salah Satunya 'Shaun of the Dead'

"Mari kita renungkan dan mari kita melakukan evaluasi bersama untuk kedepan kita carikan solusi yang terbaik,” lanjutnya. 

Namun kata Daeng, yang paling banyak adalah dari aparat keamanan yakni TNI-Polri meninggal terpapar Covid-19 saat bertugas.

“Tapi tentunya kita tahu juga bahwa bukan hanya petugas medis atau tenaga kesehatan yang gugur tapi rakyat kita juga banyak gugur, banyak korban atas musibah Covid. Kemudian petugas-petugas yang lain seperti perawat ya, kemudian bidan, dokter gigi dan petugas kesehatan yang lain juga banyak gugur,” bebernya.

Baca Juga: Penggunaan Scuba Dilarang, Penumpang KRL Wajib Gunakan Masker Tebal Mulai Senin Depan

“Bahkan petugas pemerintah, aparat keamanan TNI-Polri itu juga banyak yang gugur. Malah saya dengar dari kawan-kawan Polri itu, petugas Kepolisian lebih banyak dari kita yang gugur,” ungkap Daeng.

Sebagaimana diberitakan Wartaekonomi.co.id, dia tidak memberitahu berapa jumlah anggota kepolisian yang meninggal karena Corona di seluruh Indonesia.

Halaman:

Editor: Mitha Paradilla Rayadi

Sumber: Warta Ekonomi


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X