1,5 Juta Warga Belum Ikut BPJS Kesehatan, Cukai Rokok Dikerahkan Pemkab Bandung untuk Membantu

- 16 September 2020, 17:52 WIB
Ilustrasi cukai rokok. /Arief Priyono melalui Antaranews.com

PIKIRAN RAKYAT - Kepala Bidang Fakir Miskin pada Dinas Sosial Kabupaten Bandung, Nia Nindhiawati mengatakan, dari sekitar 3,5 juta warga Kabupaten Bandung masih ada 1,5 kita warga yang belum menjadi peserta BPJS Kesehatan.

Untuk itu, Pemkab Bandung akan memanfaatkan bagi hasil cukai rokok, dalam membantu pembayaran premi BPJS Kesehatan bagi warga kurang mampu.

"Sesuai dengan pesan dari Universal health coverage atau jangkauan kesehatan dunia, maka semua warga yang tak mampu harus masuk ke BPJS Kesehatan tanpa kecuali," ujar Nia di ruang kerjanya, Rabu, 16 September 2020.

Baca Juga: Pendaftaran Subsidi Kuota untuk Siswa dan Guru Diperpanjang hingga 28 September 2020, Jangan Lupa!

Perempuan yang akrab dipanggil Mamih ini menambahkan, dari dua juta warga yang sudah maauk sebagai peserta BPJS Kesehatan, terbagi dalam peserta mandiri, diikutsetakan instansi/perusahaan, dan penerima bantuan iuran (PBI) dari pemerintah.

"Warga kurang mampu yang masuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) secara bertahap kami masukkan ke PBI pemerintah pusat. Dari 100.000 orang di DTKS baru 22. 000 orang yang sudah ditanggung iurannya oleh APBN, sedangkan sisanya secara bertahap akan kami masukkan ke pemerintah pusat," ujar Nia, yang juga manajer Sentra Layanan Rujukan Terpadu (SLRT).

Sedangkan warga kurang mampu yang masuk kelompok Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS), kata Nia, akan dimasukkan sebagai peserta kelas tiga BPJS Kesehatan.

Baca Juga: Mantan Bupati Indramayu Terkena Covid-19 di Lapas Sukamiskin, 'Sering Dikunjungi Penasehat Hukumnya'

"Rencananya pembayaran premi untuk pendaftaran ke BPJS Kesehatan ini akan memakai bagi hasil cukai rokok pemerintah pusat. Kami juga sebatas mengusulkan nama-nama calon peserta sebab tidak tahu soal besaran bagi hasil cukai ini," katanya.

Selain warga masyarakat, menurut Nia, calon peserta BPJS Kesehatan dari kelompok PMKS juga bisa dari tenaga harian lepas di dinas/badan Pemkab Bandung.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X